Arus Termohalin (Thermohaline Current)

Apakah anda pernah mendengar istilah arus termohalin?Arus termohalin merupakan salah satu dari sekian jenis arus laut. Arus laut adalah gerakan molekul air laut yang memiliki arah gerakan vertikal dan horizontal. Arus termohalin adalah arus laut yang diakibatkan oleh adanya perbedaan suhu atau salinitas (kadar garam) air laut di suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Perbedaan tersebut menyebabkan  perubahan densitas (kerapatan) massa air laut sehingga menimbulkan pergerakan. 
Arus termohalin merupakan perpaduan arus dasar, arus permukaan dan arus vertikal, berbeda dengan arus yang ditimbulkan oleh gerakan angin yang hanya merupakan arus permukaan dengan arah mendatar.


Proses terjadinya arus termohalin diawali oleh radiasi matahari yang lebih intensif di khatulistiwa yang mengakibatkan suhu  air laut di khatulistiwa lebih tinggi tinggi dibandingkan air laut di daerah kutub. Akibat perbedaan suhu tersebut, densitas (kerapatan) air laut di khatulistiwa menjadi renggang, sehingga permukaan air laut di khatulistiwa mengalami penaikan dari permukaan yang semula menjadi lebih tinggi dari permukaan air laut kutub. Dikarenakan sifat air yang selalu bergerak dari wilayah tinggi ke wilayah yang rendah, maka massa air laut khatulistiwa bergerak ke wilayah kutub yang berupa arus permukaan. Arus permukaan yang datang dari khatulistiwa diimbangi dengan arus dasar yang bergerak dari kutub ke khatulistiwa. Gerakan arus dasar timbul akibat desakan massa air laut khatulistiwa.



Gambar:

0 Response to "Arus Termohalin (Thermohaline Current)"

Post a Comment