Pola Aliran Sungai (River Pattern) - Geograph88

Pola Aliran Sungai (River Pattern)

Pola Aliran Sungai (River Pattern)
Sungai merupakan air yang mengalir pada suatu saluran yang pinggirnya dibatasi oleh tanggul alami atau lembah. 

Di muka bumi ini banyak bermacam-macam sungai yang memiliki pola/bentuk yang beranekaragam. 

Pola sungai berbeda-beda dikarenakan berbagai faktor seperti kemiringan, topografi dan struktur batuan di sekitar sungai tersebut. Beberapa bentuk pola aliran sungai diantaranya
Pola Aliran Sungai Dendritik
Pola dendritik adalah pola aliran sungai yang berbentuk seperti cabang batang pohon dan berada di daerah datar dengan struktur batuan homogen. 
Pola rektangular adalah pola aliran sungai yang dipengaruhi oleh struktur patahan, kekar dan rekahan di permukaan bumi. Bentuknya memiliki sudut yang siku-siku.
Pola sentripetal adalah pola aliran sungai yang mengarah pada satu cekungan (memusat).
Pola sentrifugal adalah pola aliran sungai yang mengarah menuruni puncak pegunungan (menyebar).
Pola trellis adalah pola aliran sungai yang berkembang pada struktur lipatan pegunungan dengan batuan selang-seling antara resisten dan lunak.

Pola anular adalah pola aliran sungai yang berkembang pada wilayah kubah (dome) dengan bentuk melingkar dan anak sungai yang relatif tegak lurus dengan sungai utama.

Pola pinate adalah pola aliran sungai yang berkembang pada wilayah perbukitan terjal dengan anak sungai yang menyudut lancip dengan sungai induk.

Pola pararel adalah pola aliran sungai yang anak sungainya sejajar dengan suangi utama dan berkembang pada daerah dekat pantai atau daerah lipatan monoklin, isoklin atau sesar yang sejajar. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi
Pola Aliran Sungai



Sumber:
Geomorfologi, Djauhari Noor. 2010
close