Memahami 4 Prinsip Geografi - Geograph88

Memahami 4 Prinsip Geografi

Memahami 4 Prinsip Geografi
Geografi adalah Ilmu yang mempelajari tentang wilayah dan variabel-variabel yang terdapat di dalamnya serta interaksinya. 

Setiap ilmu pasti memiliki prinsip tersendiri sebagai jati diri ilmu tersebut. Geografi juga memiliki prinsip yang harus dipegang selama ini. 

Artinya ketika kamu belajar geografi maka kamu tidak akan lepas dari prinsip tersebut. Geografi memiliki 4 prinsip utama untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di geosfer yaitu:
Fenomena Tornado di USA
1. Prinsip Penyebaran (distribusi)
Setiap fenomena baik fisik maupun non fisik tersebar secara tidak merata di seluruh permukaan bumi ini. 

Tugas ilmu geografi memberikan gambaran tentang penyebaran fenomena tersebut dan penyebab terjadinya. Contoh: penyebaran gunung api di Indonesia, penyebaran fauna australis, penyebaran daerah terdampak gempa dan lainnya.

2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)
Suatu kejadian/fenomena di permukaan bumi ini senantiasa memengaruhi terhadap suatu fenomena lainnya. 

Satu kejadian dapat menimbulkan kejadian yang lainnya bahkan lebih. Contoh: gempa aceh menimbulkan tsunami, erupsi merapi menyebabkan banjir lahar dan rusaknya ekosistem.

3. Prinsip Deskripsi
Ilmu Geografi harus dapat menjelaskan/menggambarakan fenomena yang terjadi di geosfer dalam bentuk penjelasan deskripsi tulisan maupun dengan bantuan peta, grafik, tabel, SIG.

4. Prinsip Korologi
Prinsip ini adalah gabungan antara prinsip penyebaran, interelasi dan deskripsi sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh untuk menjelaskan suatu fenomena yang terjadi di geosfer. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi 2019
close