Komponen Inderaja (Penginderaan Jauh) - Geograph88

Komponen Inderaja (Penginderaan Jauh)

Komponen Inderaja (Penginderaan Jauh)
Pernahkah anda menggunakan fasilitas google earth?. bagaimana software tersebut bisa menampilkan foto udara permukaan bumi?.

Itulah hasil dari penginderaan jauh (inderaja). Inderaja merupakan suatu seni teknik merekam objek di permukaan bumi dengan menggunakan sensor dan tanpa kontak langsung dengan objek tersebut. 

Baca juga:

Proses Inderaja
Proses inderaja setidaknya memerlukan beberapa komponen berikut yaitu:
1. Sumber tenaga
Proses inderaja memerlukan sumber tenaga/energi dalam hal ini cahaya untuk memantulkan objek ke sensor dalam hal ini matahari. Inderaja yang menggunakan matahari sebagai energinya dinamakan inderaja pasif sedangkan yang menggunakan energi buatan dinamakan inderaja aktif.

2. Atmosfer
Atmosfer merupakan media perambat yang didalmnya terdapat zat-zat yang membantu proses perekaman. Atmosfer membantu melewatkan, menyebarkan dan merambatkan gelombang elektromagnetik. Kondisi atmosfer sangat memengaruhi terhadap pancaran energi yang masuk ke permukaan bumi.

3. Sensor
Sensor adalah alat perekam objek yang berupa kamera foto maupun sensor gelombang elektromagnetik. Tiap sensor memiliki karakteristik masing-masing, ada yang memancarkan sinar tampak dan ada yang memancarkan sinar lainnya seperti infrared dan sinar gamma. Sensor kamera foto biasanya ditempatkan di pesawat sedangkan sensor elektromagnetik dipasang dalam satelit.

4. Citra
Citra merupakan hasil rekaman inderaja dalam bentuk foto udara atau citra satelit. Foto udara menghasilkan gambar seperti foto kamera berwarna maupun hitam putih. Citra hasil rekaman gelombang mikro berbentuk data digital. Citra diolah dengan menggunakan software tertentu.

Citra Inderaja
5. Pengguna
Hasil inderaja tentunya akan digunakan oleh berbagai kalangan tertentu untuk berbagai kepentingan. Citra inderaja digunakan oleh lembaga-lembaga tertentu untuk menganalisis suatu kenampakan tertentu yang nantinya dijadikan dasar penentuan kebijakan pembangunan atau lainnya. 

Baca juga:


Sumber:
Marah Uli H. Geografi SMA MA Kelas XII. ESIS
close