Ciri Spasial Citra Inderaja - Geograph88

Ciri Spasial Citra Inderaja

Ciri Spasial Citra Inderaja
Citra merupakan hasil dari pemotretan/rekaman inderaja baik melalui sensor foto maupun elektromagnetik. 


Untuk menganalisis kenampakan yang terdapat dalam citra inderaja, diperlukan penguasaan terhadap beberapa ciri spasial/keruangan yang terdapat dalam citra.



Baca juga:



Terdapat beberapa ciri spasial/keruangan yang terdapat dalam citra inderaja yaitu:
1. Rona
Adalah tingkat kecerahan suatu objek yang dapat diidentifikasi dari warna yang tampak. Warna biru mendandakan wilayah perairan, warna hijau gelap menandakan wilayah hutan, hijau muda menandakan wilayah pertanian dan lain sebagainya.
2. Tekstur
Adalah ukuran kasar halus suatu objek misalnya jika tekstur objek kasar dapat menandakan wilayah hutan atau jika tekstrur halus menandakan gurun, padang rumput atau lainnya.
3. Ukuran
Objek yang tertangkap dapat berupa berbagai ukuran seperti sempit, luas, memanjang dan lainnya. 
4. Bayangan
Bayangan ditentukan dari intensitas cahaya yang ditangkap objek. 
5. Situs
Adalah hubungan antara suatu objek dengan lingkungan sekitarnya. Misal jika ddalam citra teridentifikasi terdapat hutan bakau maka dapat disimpulkan wilayah tersebut adalah wilayah pantai.
6. Pola
Objek di permukaan bumi dapat memiliki ciri menghasilkan pola-pola tertentu seperti pemukiman yang menggerombol, jalan yang memanjang dan lainnya.
7. Bentuk
Objek yang terekam memiliki bentuk yang beranekaragam mulai dari bulat, lurus, beraturan, dan lainnya. Bentuk stadion olahraga jika dilihat dari udara dapat berbentuk bulat atau oval.
8. Asosiasi
Ciri suatu objek yang khas misalnya, kawasan pabrik berasosiasi dengan cerobong asap, jalan berasosiasi dengan kendaraan, pantai berasosiasi dengan pohon kelapa dan lainnya.

Citra Inderaja
Citra Inderaja

Itulah beberapa ciri spasial dari sebuah citra inderaja. Dibutuhkan pemahaman dan keahlian khusus untuk menganalisa suatu objek agar tidak terjadi salah tafsir mengenai hasil perekaman inderaja.

Baca juga:

close