Perbedaan Catastrophism dan Uniformitarianism - Geograph88

Perbedaan Catastrophism dan Uniformitarianism

Perbedaan Catastrophism dan Uniformitarianism
Sejak zaman dulu para ahli geologi tidak selalu sependapat tentang sejarah perkembangan bumi ini. 

Mereka selalu berdebat mengenai teori catastrophism dan uniformitarianism selama 100 tahun terakhir. Mari simak perdebatan pendapat berikut ini.

Salah satu ahli geologi terkenal jaman sekarang adalah Georges Cuvier. Ia mengemukakan konsep dasar biostratigrafi dengan mempelajari perlapisan batuan sedimen dan keterdapatan fosilnya. 

Cuvier berkontribusi banyak dalam pengetahuan tentang kebumian. Pendapatnya yang sangat ekstrem adalah bahwa bumi ini hanya berusia beberapa juta tahun saja, berbeda dengan teori yang menyebutkan usia bumi sampai milyaran tahun. Baca juga: Bahas Soal UTBK Geografi
Formasi geologi
Catastrophim
Catastrophism adalah suatu teori yang menyatakan bahwa kenampakan bumi ini terbentuk akibat dari suatu bencana. Jadi mahluk hidup yang punah kemungkinan disebabkan oleh bencana alam yang besar. 

Rangkaian pegunungan api terbentuk akibat dari gempa bumi besar dan erupsi yang dahsyat. Cuvier dan beberapap ahli percaya bahwa beberapa kenampakan di bumi disebabkan oleh peristiwa bencana besar tersebut.

Uniformitarianism
Pada 1785, ahli geologi James Hutton menghasilkan sebuah teori. Ia menyatakan bahwa sebagian besar kenampakan yang ada di bumi dihasilkan dari proses yang sangat lambat dan dalam waktu yang panjang, bukan seperti bencana yang datang tiba-tiba. Salah satu pernyataannya yang terkenal adalah "the present is a key to the past"

Erosi, sedimentasi, pergerakan benua, erupsi gunung api merupakan peristiwa yang berlangsung sejak dari dulu hingga sekarang, yang berbeda yang waktu dan kekuatannya saja. Proses tersebut ia definisikan sebagai uniformitarianism. 

Dengan pendapatnya tersebut, Hutton disebut sebagai Bapak Geologi Modern. Prinisp uniformitarianism tersebut kini menjadi prinsip dasar geologi hingga sekarang. Baca juga: Bahas Soal UNBK Geografi No 1-50

Sumber dan Gambar: disini
close