Komposisi Penduduk

Dalam objek material geografi kamu tentu sudah mengenal tentang lapisan-lapisan bumi (geosfer). Salah satu bagian geosfer adalah antroposfer. Antroposfer adalah lapisan yang khusus melihat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manusia di permukaan bumi. Manusia yang hidup menetap di satu wilayah dalam kurun waktu tertentu dinamakan penduduk.



Untuk melihat gejala-gejala yang terjadi seputar penduduk, salah satunya adalah dengan melihat komposisi penduduk. Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Terdapat 4 jenis komposisi penduduk yang dikenal di ilmu kependudukan yaitu:
1. Komposisi biologis, yaitu pengelompokkan penduduk berdasarkan jenis kelamin dan umur.
2. Komposisi sosial, yaitu pengelompokkan penduduk berdasarkan kriteria sosial seperti pendidikan, kesehatan, mata pencaharian dan lainnya.
3. Komposisi ekonomi, yaitu pengelompokkan penduduk berdasarkan kriteria ekonomi seperti tingkat pendapatan, konsumsi, kesejahteraan dan lainnya.
4. Komposisi geografis, yaitu pengelompokkan penduduk berdasarkan letak wilayahnya.

Contoh Komposisi Penduduk Berdasarkan Umur
Untuk apa dilakukan komposisi penduduk?
Komposisi penduduk ini bertujuan diantaranya untuk melihat perkembangan penduduk dari masa ke masa di suatu negara khususnya. Dengan begitu pemerintah akan mengevaluasi setiap perkembangan yang ada dan nantinya akan dijadikan tolak ukur pembuatan kebijakan yang berhubungan dengan masalah kependudukan tadi.


Sumber dan Gambar:

0 Response to "Komposisi Penduduk"

Post a Comment