Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)


Ada yang bilang bahwa SIG merupakan ilmu geografi baru. Pernyataan tersebut memang ada benarnya dan ada salahnya juga.
Sebetulnya SIG atau dalam bahasa inggris GIS (Geographic Information System) adalah software yang dikembangkan untuk memudahkan manusia menganalisa kenampakan/fenomena di permukaan bumi.
Jadi begini, geografi adalah ilmu yang mempelajari kenampakan bumi sedangkan GIS adalah alat bantu berupa software komputer yang berfungsi memberikan gambaran kenampakan bumi tersebut dalam bentuk digital.
GIS Software
GIS ini nantinya menghasilkan produk-produk yang dapat digunakan oleh berbagai kepentingan seperti pendidikan, ekonomi, militer, pertanian dan lainnya. Jadi GIS dapat digunakan untuk semua ilmu. Beberapa software GIS yang saat ini banyak beredar di pasaran diantaranya Mapinfo, ArcGIS, ArcView, ESRI dan lainnya. Semuanya berfungsi untuk memberikan data spasial dalam bentuk peta digital. Beberapa keunggulan GIS dalam membantu geografi menganalisa wilayah diantaranya adalah:

1. Penanganan data spasial menjadi lebih baku dan lebih baik
2. Revisi dan pemutakhiran data menjadi lebih mudah
3. Data geospasial menjadi lebih mudah dicari, dianalisis dan dipresentasikan
4. Menjadi produk yang memiliki nilai tambah
5. Kemampuan menukar data geospasial
6. Menghemat waktu dan biaya
7. Keputusan yang diambil menjadi lebih baik

SIG saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi berbagai kalangan. Bagi anda yang ingin menjadi ahli di bidang SIG dapat mengikuti berbagai kursus pelatihan SIG di Badan Informasi Geospasial atau kuliah di Jurusan SIG. 

Sumber dan Gambar:

0 Response to "Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)"

Post a Comment