Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif - Geograph88

Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Ketika kamu membuat makalah/riset/penelitian tentunya pasti akan memilih jenis penelitiannya apakah kuantitatif atau kualitatif. 


Jika kamu ingin menjadi ahli di bidang riset maka kmu harus menguasai sistematika/perbedaan kedua jenis penelitian ini. 



Saat ini banyak sekali mahasiswa yang tidak memahami secara utuh tentang konsep dasar penelitian ini, akhirnya banyak yang penelitiannya tidak jelas, ngawur kemana-mana, salah judul dan lainnya.



Maka dari itu saran saya yang sedang dan akan menyusun skripsi, coba anda baca berulang-ulang tentang metode penelitian, karena itu adalah fondasi dasar dari riset. Soal isi, kajian teoretis, analisa, itu mah urusan gampang jika data sudah terkumpul dari responden/sampel. 

Riset oh riset

Oke, lanjut lagi kali ini saya hanya akan memberikan gambaran sedikit perbedaan mengenai penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tujuan inti dari penelitian kuantitatif pada dasarnya adalah menguji suatu teori/mengembangkan suatu teori. 


Sedangkan penelitian kualitatif adalah mencoba mengkonstruksi/membangun suatu teori dari fakta yang terjadi di masyarakat. Intinya kalau kamu mengambil penelitian dengan metode kuantitatif nantinya kamu akan berurusan dengan namanya data-data numerik seperti angka, statistik dan lainnya. 



Nah nantinya kesimpulan diambil dari data tersebut. Kalau penelitian kualitatif kamu akan mengeksplore dan mendalami tentang fenomena yang terjadi pada masyarakat. Artinya kamu nanti tidak akan berurusan dengan angka-angka statistik, namun data yang kamu akan terima adalah uraian/kualitatif dari sifat masyarakat tersebut. 



Sejauhmana kedalaman uraian kualitatifnya?Ya itu tergantung kepekaan dan kejelian kamu mengorek secara dalam tentang fenomena yang ada. Jika dibuat perbandingan, maka perbedaan gaya kedua penelitian tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah ini

Bedanya tuh disini
Itulah sedikit pengenalan mengenai penelitian kuantitatif dan kualitatif, semoga bermanfaat. 

Sumber dan gambar:
close