Faktor Kepadatan Penduduk - Geograph88

Faktor Kepadatan Penduduk

Faktor Kepadatan Penduduk
Penduduk adalah seseorang yang bermukim pada suatu wilayah dalam waktu yang relatif lama. 

Setiap orang memiliki kriteria tersendiri untuk memilih lokasi tempat tinggalnya.
Di Indonesia misalnya, penyebaran penduduk lebih terpusat di kota besar khususnya di Jawa. 

Mengapa bisa terjadi demikian?. Penyebaran penduduk di atas permukaan bumi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya:

Baca juga:

1. Faktor fisiografis wilayah
Kenampakan fisik suatu wilayah sangat memengaruhi terhadap kepadatan penduduk. Setiap orang pasti akan memilih daerah yang memiliki sumber air yang baik, daerahnya datar, tanahnya subur dan lainnya.

Selain itu kondisi cuaca dan iklim juga sangat memengaruhi aglomerasi penduduk. Daerah yang cuacanya hangat dan anomalinya relatif stabil lebih memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

2. Faktor sosial budaya
Perubahan pola fikir masyarakat mengakibatkan berkembangnya kondisi fisik suatu wilayah. Hal tersebut akan menjadi magnet bagi masyarakat di luar untuk datang dan mengadu nasib di wilayah tersebut. 

3. Faktor ekonomi
Daerah yang pembangunannya sangat pesat akan menarik kaum urban untuk datang dan berkerja disana. Berbagai peluang kerja yang banyak akhirnya mendorong kepadatan penduduk di kota besar seperti Jakarta.

4. Faktor biologis
Tingkat pertumbuhan penduduk suatu wilayah berbeda beda. Angka fertilitas yang tinggi dibanding mortalitas akan membuat suatu wilayah semakin padat. 

5. Faktor kesalahan tata ruang kota
Pembangunan saat ini lebih mengarah pada urban oriented dibanding rural oriented, sehingga pertumbuhan penduduk lebih besar di kota besar, sedangkan wilayah pedesaan menjadi tidak berkembang. Ha tersebut berdampak pada arus urbanisasi yang besar dan desa menjadi kekurangan penduduk. Baca juga: Pola ruang kota Haris Ullman


Faktor Kepadatan Penduduk
Kepadatan Penduduk Jakarta
BSE Geografi SMA kelas XI
close