Apa itu Geografi Transportasi? - Geograph88

Apa itu Geografi Transportasi?

Apa itu Geografi Transportasi?
Apakah kamu sering bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain selama hidu dan dengan apa kamu bergerak ke lokasi lain tersebut?

Manusia sebagai mahluk dominan di bumi tentu semakin hari semakin sibuk bergerak (mobilitas) untuk keperluan tertentu. 

Jarak antar lokasi yang jauh di era transportasi modern ini sudah terasa tidak lagi menjadi sebuah halangan.

Hal tersebutlah yang merupakan salah satu kajian dalam geografi transportasi. Geografi transportasi adalah cabang dari geografi ekonomi yang mempelajari tentang pergerakan-pergerakan baik itu manusia/barang/jasa yang terjadi dalam suatu ruang permukaan bumi.

Geografi transportasi juga mempelajari tentang moda-moda dan sarana/prasarana yang digunakan selama transfer dalam ruang tersebut seperti jalan, rel, mobil, kereta, pesawat, kapal laut dan lainnya. 

Kecepatan transportasi dalam ruang saat ini merupakan hal yang penting karena akan berdampak pada perubahan tata ruang itu sendiri.
Subway
Transportasi menjadi fokus kajian yang penting selama ratusan tahun dalam geografi. Zaman dahulu sebelum mesin-mesin kendaraan ditemukan, manusia bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cara lambat seperti menggunakan hewan, jalan kaki atau kapal laut layar. Hal tersebut tentunya akan memakan waktu lama dan biaya yang mahal. 

Namun saat ini kemajuan teknologi membuat transfer dalam ruang menjadi semakin cepat dan efisien. 

Untuk lebih memahami tentang geografi transportasi, para geografer saat ini mengemukakan 3 unsur utama yang memengaruhi geografi transportasi yaitu: kutub pertumbuhan, jaringan dan permintaan.
  • Kutub pertumbuhan dimulai dari adanya titik-titik lokasi awal dan akhir dari sebuah perjalanan. Misalkan Jakarta berfungsi sebagai lokasi kegiatan perindustrian sedangkan kota lainnya di Jawa Barat seperti Bandung, Bekasi dan Bogor merupakan tujuan dari pemasaran industri tersebut. Maka barang akan mengalir dari lokasi awal (Jakarta)  ke lokasi akhir (Bandung dan lainnya).
  • Jaringan dalam hal ini berkaitan dengan akses pendukung transportasi seperti jalan raya, laut, rel kereta dan infrastruktur lainnya yang mendukung. Tanpa jaringan transportasi yang baik, transfer dalam ruang akan terhambat dan menyebabkan terjadinya permasalahan. 
  • Permintaan dalam hal ini berkaitan dengan permintaan penduduk akan berbagai moda transportasi yang beranekaragam. Daerah perkotaan besar seperti Jakarta saat ini membutuhkan moda transportasi cepat, masif dan frekuensi yang banyak seperti commuter line dan subway. Hal tersebut untuk mengantisipasi kemacetan di jalan raya. Di daerah Kalimantan yang banyak sungai moda transportasi andalan adalah kapal. Hasil tambang seperti batu bara di Kalimantan banyak diangkut menggunakan jalur sungai karena lebih efisisen dan sungai di Kalimantan yang tergolong lebar.
Kesimpulannya transportasi merupakan topik yang penting dalam geografi karena ekonomi dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh kelancaran transportasi. 

Dengan mempelajari geografi transportasi, geografer akan mengetahui mengapa kota-kota ada yang berkembang begitu cepat namun ada pula yang lambat. 


Sumber dan Gambar:
BSE Geografi XII
Hanson, Susan, ed. and Genevieve Giuliano, ed. The Geography of Urban Transportation. New York: The Guilford Press, 2004
close