Komet dan Peredarannya - Geograph88

Komet dan Peredarannya

Komet dan Peredarannya
Pernahkah kalian mendengar istilah bintang jatuh?. Lalu apakah benar bintang jatuh itu ada?. 

Sebenarnya bintang jatuh adalah istilah lain untuk menamakan salah satu anggota Tata Surya yaitu komet. 

Tahun 1986 merupakan tahun penting dimana pada saat itu Komet Halley terlihat dari Bumi setelah terakhir kali terlihat pada 1910. 

Komet Halley merupakan komet yang secara periodik menampakan diri kepada warga Bumi. 

Garis edar komet tidak seperti garis edar planet atau satelit. Ada komet yang memiliki garis edar berbentuk elips, namun eksentrisitasnya sangat besar seperti garis edar Komet Halley sehingga komet itu hanya dapat terlihat jika ia sedang ada di sekitar perihelium lalu menghiolang lebih dari 70 tahun ketika menjauhi perihelium.


Komet Halley 1986
Kebanyakan komet mempunyai garis edar yang berbentuk parabola atau hiperbola sehingga jika sebuah komet pernah tampak mendekati matahari maka komet itu hanya tampak sekali itu saja karena setelah itu ia menempuh lintasannya yang jauh di ruang angkasa.

Secara fisikal komet terdiri atas dua bagian utama yaitu kepala dan ekor. Kepala komet merupakan bagian utama komet itu sendiri. 

Bagian ini terdiri dari gumpalan benda padat yang bentuknya tidak beraturan yang terbesar diantaranya merupakan inti kepala komet. Di sekitar inti itu terdapat gumpalan-gumpalan yang lebih kecil dari debu dan mungkin es. 

Bagian di sekitar inti dinamakan koma. Bagian lainnya adalah ekor komet yang sebenarnya merupakan bagian dari kepala komet yang terlempar keluar dari tempatnya karena gaya hembusan Matahari. 

Matahari memancarkan tenaga yang disebut dengan solar radiation (radiasi matahari) dan solar wind (angin matahari). Kedua tenaga inilah yang menghembus bagian kepala komet. 

Ekor komet selalu akan menjauhi Matahari ketika posisi komet mendekati matahari karena pengaruh dua tenaga tadi. 

Karena bagian-bagian halus kepala komet itu setiap mendekati matahari selalu berkurang maka penampilan komet setelah melalui periheliumnya menjadi tak berekor atau ekornya kecil. 

Hal tersebut yang membuat orang kecewa ketika ingin melihat kemegahan Komet Halley pada tahun 1986. 


Bagian-Bagian Komet
Orbit Komet
Nama komet ditentukan berdasarkan orang yang menemukannya seperti Komet Halley yang ditemukan pertamakali oleh Edmund Halley pada 1705. Komet lainnya adalah Komet Ikeya Seki (195), Komet Kohontek (1973) dan Komet West (1986).

Sumber:
disini
disini
disini
close