Sekilas Tentang Geowisata Kabupaten Kuningan - Geograph88

Sekilas Tentang Geowisata Kabupaten Kuningan

Sekilas Tentang Geowisata Kabupaten Kuningan
Pernahkah anda mengunjungi Kabupaten Kuningan?. Atau apakah anda orang asli Kuningan?.

Apa saja hal menarik yang ada di Kabupaten ini?. Saya tertarik mengulas sedikit tentang kabupaten ini karena saya pernah berkunjung ke sana karena punya teman asli Kuningan. 

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung timur propinsi Jawa Barat dan tepat berada di kaki Gunung Ciremai. 

Kabupaten Kuningan di Utara berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, di Timur berbatasan dengan Kabupaten Brebes, di Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan di Barat berbatasan dengan Kabupaten Majalengka. 

Kabupaten Kuningan termasuk kabupaten kecil dan termasuk kabupaten yang asri. Secara umum kabupaten ini didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. 

Kesan pertama ketika saya pertama kali datang ke kota Kuningan adalah udaranya yang sejuk dan bersih. Kotanya tidak terlalu besar dan penataannya rapi. 

Kabupaten Kuningan memiliki potensi geowisata yang sangat beragama mulai dari wisata geologi, wisata sejarah hingga wisata budaya. 

Berikut ini beberapa geowisata Kabupaten Kuningan yang layak anda kunjungi ketika berlibur ke sini.
Ketika di Kuningan 2010
1. Waduk Darma
Waduk Darma berlokasi di barat daya Kuningan tepatnya di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka dengan luas mencapai 472 Ha. Waduk ini dulunya adalah sebuah danau kecil namun oleh Belanda kemudian diperbesar mulai tahun 1922. 

Pada masa pendudukan Jepang proyek pembuatan waduk ini sempat terhenti dan dilanjutkan oleh pemerintahan Soekarno pada 1954. 

Waduk Darma saat ini berfungsi sebagai pemasok air bagi lahan pertanian dan tentunya sebagai objek wisata. Anda dapat menyewa perahu jika ingin mengelilingi danau ini. 

2. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan setiap tahun khususnya malam pergantian tahun baru, puncak Ciremai banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang hobi mendaki. 

Puncak Ciremai berada pada ketinggian 3078 mdpl dan terdiri atas kawah berbatu. Jika cuaca sedang musim kemarau, tentunya anda dapat mampir ke puncak tertinggi di Jawa Barat ini untuk menikmati panorama Jabar dari atas langit.
Museum Linggarjati
3. Desa Linggarjati
Desa Linggarjati merupakan lokasi terdapatnya gedung sejarah Perjanjian Linggarjati. Desa Linggarjati berlokasi di sebelah utara Kuningan menuju Cirebon. 

Saat ini Gedung Perjanjian Linggarjati merupakan museum sejarah dan setiap tahunnya banyak dikunjungi turis khususnya siswa sekolah. 

Bangunannya masih sama seperti dulu dan terawat lalu di sekelilingnya terdapat taman yang luas dengan tumbuhan yang cantik. Jika anda ingin mengenang sejarah Indonesia maka tidak salahnya mampir ke Linggarjati.

4. Cibulan
Cibulan merupakan wisata kolam pemandian yang katanya tertua di Kuningan. Di Cibulan terdapat Sumur Tujuh dan sebuah kola yang banyak terdapat Ikan Dewa. Ikan Dewa konon merupakan ikan yang dapat menghilang ketika kolam dikuras. Selain itu Sumur Tujuh dipercaya merupakan tempat petilasan Prabu SIliwangi dan banyak dipercaya orang dapat membawa berkah jika diminum. 

5. Curug Putri
Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki Ciremai di wilayah bumi perkemahan Pulutungan. 

Air terjun ini berlokasi di dalam hutan dan bisa dicapai dengan jalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari lokasi perkemahan. Anda dapat mencapai Curug Putri melalui Cigugur hingga Palutungan. 

Di sepanjang jalan perbukitan dan lahan pertanian akan terhampar indah. Sebelum mencapai Palutungan terdapat juga Goa Maria yang sering didatangi peziarah yang beragama Kristiani.
Foto Jadul: Eksis Dikit 

6. Taman Purbakala Cipari
Situs ini merupakan situs megalitik yang terletak di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur. Di dalamnya terdapat kubur batu yang berisi beberapa budaya hasil peradaban megalitik seperti kapak batu dan gerabah. Taman ini cocok untuk wisata sejarah dan pendidikan.

7. Upacara Seren Taun
Upacara Seren Taun merupakan upacara tahunan masyarakat asli Kuningan dalam rangka syukuran hasil bumi/panen selama setahun. Dalam upacara ini berbagai hasil panen diarak masyarakat disertai tarian-tarian khas Sunda menuju Paseban. 

Upacara ini meurpakan upacara adat khas Sunda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kuningan hingga mancanegara.

8. Telaga Remis
Telaga Remis merupakan sebuah danau alami yang terletak di Desa Kaduela dan tepat berada di kaki Ciremai. Di lokasi ini perpaduan antara kesejukan pegunungan dengan air danau sangat terasa.
Waduk Darma
Curug Putri
Itulah beberapa geowisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan dan masih banyak lagi sebentulnya spot-spot lain yang memiliki daya tarik tersendiri. 

Semoga spot geowisata tersebut tetap dipelihara dan dikelola secara baik oleh pemerintah dan masyarakat agar tetap berkelanjutan. Saya sendiri tertarik ingin traveling ke Kuningan suatu saat nanti sambil bertemu teman lama.

Sumber:
disini
disini
disini
close