Konsep Rumah Minimalis di Jepang: Mengatasi Keterbatasan Lahan - Geograph88

Konsep Rumah Minimalis di Jepang: Mengatasi Keterbatasan Lahan

Konsep Rumah Minimalis di Jepang: Mengatasi Keterbatasan Lahan
Rumah adalah surga bagi keluarga. Mungkin itulah sepenggal kalimat yang menggambarkan betapa pentingnya sebuah keluarga memiliki sebuah hunian yang nyaman dan dapat melindungi anggota keluarganya. 

Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi saat ini membuat kebutuhan akan rumah semakin meningkat dan diikuti oleh kenaikan harga properti yang meroket tajam. 

Pagi kemarin saya melihat acara televisi Chanell Japan di salah satu stasiun tv nasional. Ulasan berita kemarin adalah mengenai konsep masyarakat Jepang dalam mengelola lahan sempit menjadi hunian yang nyaman baik dari segi eksterior maupun interior. 

Masyarakat Jepang terkenal memiliki daya kreatifitas yang tinggi di berbagai bidang termasuk dalam menciptakan desain rumah di perkotaan yang padat. 

Bagi orang Jepang, kreatifitas merupakan hal terpenting dalam hidup jadi seberapa besar masalah apapun akan dapat teratasi. 

Masyarakat Jepang yang tidak memiliki cukup modal untuk membangun rumah di area luas kini dapat membuat hunian yang nyaman meskipun di lahan yang sempit sekalipun. 

Vertical design menjadi tema utama dalam seni aritektur rumah minimalis ini. Meskipun lahan sempit dengan lebar 2,7 x 5 m, namun dapat dijadikan rumah yang nyaman ditinggali dengan sentuhan penataan ruang yang baik. 

Setiap sudut ruangan sangat dimaksimalkan untuk berbagai kebutuhan baik itu kamar tidur, toilet, ruang tamu hingga gudang. Beginilah contoh rumah minimalis di Jepang yang dibangun di atas lahan yang sempit


Interior Rumah minimalis Jepang
Rumah Minimalis Jepang
Nampaknya masyarakat urban di Jepang sudah dapat mengatasi permasalahan ruang dengan sebuah inovasi kreatif. 

Konsep rumah minimalis ini nampaknya bisa menjadi inspirasi bagi anda yang tinggal di perkotaan namun hanya memiliki lahan yang tidak luas. Perpaduan antara estetika dan kenyamanan tentunya sangat dibutuhkan agar setiap ruang dapat dimanfaatkan dengan nyaman oleh anggota keluarga. 

Budget yang terbatas dapat diatasi dengan pemilihan bahan-bahan yang tidak terlalu mewah namun kuat dan tahan lama. 

Masyarakat Jepang juga sangat memikirkan keserasian antara hidup di perkotaan dengan kebutuhan akan lingkungan sehingga unsur-unsur alam seperti kayu atau tumbuhan banyak dibawa ke dalam desain rumah. 

Bagi yang memiliki lahan luas, orang Jepang biasanya membuat taman di tengah-tengah rumah namun jika memiliki lahan sempit nampaknya vertical garden menjadi salah satu alternatif.

Bagaimana?berminat memiliki rumah kecil namun memiliki tampilan cantik, bergaya modern dan nyaman?. Silahkan anda berimajinasi dan rencanakan hal tersebut dengan keluarga. Life your imagination for brighter future! Jangan kalah dengan orang Jepang.

Sumber:
Metro TV

close