11 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bali - Geograph88

11 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bali

11 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bali
Apa yang anda bayangkan jadinya bila Indonesia tidak memiliki pulau Bali?. 

Tentunya akan sulit membayangkannya karena Bali merupakan kebanggaan Indonesia dan dinobatkan menjadi salah satu pulau wisata terbaik di dunia versi (lupa lagi).

Pulau Bali secara geografis berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Lombok dan dipisahkan oleh selat sempit.

Dalam postingan ini saya akan mendeskripsikan kondisi geografis wilayah Bali dengan potensi fisik dan sosialnya yang sangat mempesona. 

Bali menjadi salah satu pulau favorit liburan warga Indonesia dan dunia karena keindahan di dalamnya. Ada ungkapan yang sering saya temukan bahwa wisatawan mancanegara lebih mengenal 

Bali dibandingkan Indonesia. Saya terakhir kali menginjakkan kaki di Bali ketika kuliah lapangan tahun 2010 dan hingga saat ini belum kesampaian untuk kembali ke sana. 

Untuk siapa saja yang berencana pergi ke Bali, berikut ini saya berikan lokasi-lokasi wisata alam terbaik di Pulau Dewata menurut saya.

1. Pantai Kuta
Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia yang terletak di sebelah selatan Denpasar. 

Sudah tidak asing lagi bahwa pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan lokal dan mancanegara jika berkunjung ke Bali. 

Setiap sore Pantai Kuta selalu dipadati wisatawan untuk menyaksikan sunsetnya yang indah dan siap-siap saja anda akan menemui kemacetan ketika sore menjelang di Kuta. 

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar karena berada di lokasi teluk. 

Selain itu di wilayah ini juga banyak ditemui fasilitas-fasilitas mulai dari hotel, perdagangan dan lainnya. 

Pantai Kuta
2. Danau Bedugul
Danau Bedugul merupakan sebuah danau alami yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan di sebelah utara Denpasar. Danau ini berada di daerah dataran tinggi sekitar 800 mdpl sehingga udaranya terasa sejuk. 

Untuk menuju Bedugul anda akan melewati jalanan berliku khas pegunungan. Panorama danau jernih dikelilingi bukit-bukit hijau akan anda nikmati ketika disini. Jika ingin berkeliling danau anda tinggal menyewa perahu yang terdapat disana. 

Di sekitar danau juga terdapat Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan Sang Hyang Dewi dalam ajaran Hindu. Ketenangan jiwa dan relaksasi diri akan anda rasakan di Bedugul.

Danau Bedugul
3. Danau Batur
Danau batur merupakan sebuah kaldera yang dihasilkan dari letusan Gunung Batur dan berbentuk seperti bulan sabit. 

Danau Batur terletak di wilayah Kintamani sebelah utara Denpasar. Di daerah ini anda akan disuguhi oleh udara sejuk dan pemandangan gunung api dengan sisa-sisa endapan lava hasil erupsi. 

Danau Batur juga memiliki ekosistem yang unik sehingga dinobatkan sebagai Geopark dan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Keindahan Danau Batur
4. Tanah Lot
Tanah Lot merupakan sebuah objek wisata berupa pulau karang yang diatasnya terdapat pura. Jika air laut sedang naik maka pulau karang ini akan terpisah dari pulau induknya sehingga seakan-akan pura ditasnya mengapung di laut.

 Sunset di sini juga sangat bagus dan banyak dicari wisatawan. Di bawah pura terdapat gua-gua karang yang didalamnya banyak terdapat ular jinak namun berbisa. 

Tanah Lot
5. Taman Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah taman budaya monumental yang dibangun dengan membelah bukit kapur dan terletak di Nusa Dua, Kabupaten Badung sekitar 40 km dari Denpasar. 

Di dalam area GWK terdapat patung perunggu raksasa Dewa Wisnu yangi G sedang menunggangi Garuda. Di dalam kompleks GWK juga terdapat sebuah plaza yang dibuat dengan membelah bukit kapur menjadi seperti lapangan dan dapat menampung ribuan orang. 

Anda dapat melihat wilayah Denpasar dari atas GWK dengan teropong yang ada di dekat area patung Wisnu.

GWK
6. Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran terletak di kecamatan Kuta Selatan tidak jauh dari Pantai Kuta. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai Kuta. 

Di sepanjang pantai juga tersedia restoran-restoran seafood yang menawarkan berbagai macam makanan laut. 

Pantai Jimbaran
7. Pura Besakih
Pura Besakih merupakan tempat persembahyangan masyarakat Hindu dan merupakan kompleks pura terbesar di Indonesia. Pura ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabpuaten Karangasem. 

Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi komleks pura dan menikmati udara sekitar yang sejuk dan asri dan tentunya aersitektur bangunan pura yang mengagumkan seperti piramida.

Pura Besakih
8. Pesawahan Ubudan
Jika anda berkunjung ke daerah Ubud maka datanglah ke Desa Tegalalang untuk melihat panorama sawah bertingkat (Sabak) yang sangat indah. 

Daerah Ubud merupakan daerah pedesaan yang terletak di daerah dataran tinggi sehingga masyarakatnya banyak membuat lahan pertanian (sawah) dengan sistem terasering.  

Anda dapat berkeliling di sekitar area pesawahan dengan menyewa sepeda atau berjalan kaki dan nikmati sensasi alam Indonesia yang agung.

Sawah Terasering di Ubud
9. Pura Uluwatu
Pura ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan dan dibangun di atas batu karang yang menjorok ke laut. 

Pura ini berada pada ketinggian 97 mdpl dan di depan pura terdapat area hutan kecil yang berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. 

Pura Uluwatu yang cantik
10. Pantai Legian
Pantai Legian merupakan pantai berpasir putih dan hampir sama karakteristiknya dengan Pantai Kuta. 

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar dan menjadi favorit untuk surfing bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Legian
11. Desa Trunyan
Desa Trunyan terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dan tepat di tepi Danau Batur. 

Hal menarik yang akan dijumpai di desa ini adalah tata cara pemakaman yang hanya diletakan di atas tanah dan dipagari bambu.

Meskipun demikian tidak akan ada bau yang tercium dari jenazah karena adanya pohon Taru Menyan yang mengeluarkan bau harum sehingga menetralisir bau jenazah masyarakat yang dimakamkan.

Pemakaman Masyarakat Trunyan
Itulah beberapa lokasi wisata terbaik di Bali dan masih banyak lagi spot-spot menarik di Bali yang tentunya akan membuat anda akan semakin mencintai Indonesia.

Sumber dan Gambar:
diolah dari berbagai referensi
close