Inilah 7 Gunung Api Terindah di Indonesia - Geograph88

Inilah 7 Gunung Api Terindah di Indonesia

Inilah 7 Gunung Api Terindah di Indonesia
Kalian yang sekarang ditakdirkan lahir dan tinggal di Indonesia maka sudah sepantasnya bersyukur karena negeri ini memiliki keindahan yang luar biasa diantaranya adalah Gunung Api. 

Terbentuk dari tumbukkan 3 lempeng tektonik menyebabkan Indonesia tersusun atas gugusan pulau vulkanik dan didalamnya terdapat gunung api yang sangat kokoh berdiri. 

Jika dipandang sebagai ancaman maka gunung api memang berbahaya namun dibalik itu semua gunung api memiliki daya tarik wisata yang mengangumkan. 

Bagi anda yang bosan berlibur ke mall atau tidak ada ide maka sudah sepantasnya anda dan keluarga mencoba menginjakkan kaki di salah satu gunung api indah di Indonesia berikut ini. 

1. Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api aktif yang berlokasi di Jawa Timur. Gunung Bromo terbentuk di area Kaldera Bromo purba dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 mdpl dan termasuk dalam wilayah administratif Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan, Kab. Lumajang dan Kab. Malang. 

Ciri khas dari gunung api ini adalah terdapatnya lautan pasir luas di dalam kaldera. Di daerah Bromo hidup suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu dan sangat mensakralkan Gunung Bromo. 

Sebuah Pura juga didirikan di kaki Bromo dan setiap tahunnya sering diadakan Upacara Kasodo. Kawasan Bromo merupakan objek wisata andalan Jawa Timur dan Indonesia. 

Anda dapat menikmati sunrise dari atas dinding kaldera dan bisa melihat lautan kabut yang indah di kawasan kawah. 

Pesona wisata Bromo banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan kompleks pegunungannya. Udara sejuk ditambah hutan-hutan tropis akan terlihat di kawasan ini. 

Jika ingin menuju kawah anda harus berjalan kaki menaiki tangga dari dasar kaldera pasir. 
Gunung Bromo dengan Latar Gn. Semeru
2. Gunung Tangkubanperahu
Gunung Tangkubanperahu terletak di wilayah administratif Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang dan memiliki ketinggian 2084 mdpl. 

Gunung api ini merupakan kawasan objek wisata alam andalan Jawa Barat. Terdapat 2 kawah di gunung ini yaitu kawah utama Kawah Ratu dan kawah sekunder Kawah Domas. 

Udara dingin khas pegunungan akan menyapa anda jika sampai di puncak kawah. Sepanjang perjalanan, hutan-hutan pinus basah akan anda temui dan menyejukkan mata. 

Jika anda ingin ke Kawah Domas, anda harus berjalan kaki turun ke bagian bawah sekitar 1 km melewati hutan. 

Di Kawah Domas terdapat solfatar dan fumarol yang menakjubkan. Kawasan Tangkubanperahu sering ramai dikunjungi wisatawan ketika liburan tiba.
Kawah Ratu Tagnkubanperahu
3. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat dengan level ketinggian pada 3.726 mdpl. 

Gunung ini merupakan salah satu favorit para pendaki gunung Indonesia karena keindahan pemandangannya. 

Di puncak kawah anda akan ditemani oleh danau segara anakan yang menjadi favorit camping dan memancing. 

Di dalam kaldera juga muncul gunung api Barujari. Bulan favorit pendakian Rinjani adalah sekitar Juli - Agustus. Gunung api ini merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia .
Kawah Rinjani
4. Gunung Batur
Gunung Batur terletak di Kabupaten Bangli Bali dan merupakan gunung api tipe kaldera dengan ketinggian 1.717 mdpl. 

Di dalam kaldera batur terdapat danau berbentuk bulan sabit yang sangat luas dan di dalamnya juga terdapat 3 kerucut gunung api yaitu Batur I, Batur II dan Batur III. 

Di dalam kaldera anda dapat menyusuri lokasi-lokasi sisa aliran erupsi Batur purba dan masyarakat setempat yang mayoritas beragama Hindu sering melaksanakan upacara adat di Gunung api ini. 

Kawasan ini juga dijadikan sebagai Geopark oleh pemerintah Indonesia karena keunikan ekosistemnya. 
Kaldera Gunung Batur
5. Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu merupakan gunung api yang terdapat di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Ende. 

Gunung api ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl dan keunikan utama dari gunung api yang satu ini adalah terdapatnya 3 kawah yang memiliki warna berbeda yaitu merah, biru dan putih. 

Namun warna tersebut sering berubah dari waktu ke waktu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kelimutu adalah Juli hingga Agustus. 
Keindahan Kawah Kelimutu
6. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dengan titik ketinggian 2.850 mdpl. 

Tambora terkenal akan erupsi dahsyatnya pada 1815 yang menyebabkan korban jiwa hingga angka 70.000 jiwa. 

Sisa letusan besar tersebut kini menghasilkan kaldera yang sangat luas dengan diameter hingga 7 km. Jika anda mencapai puncak dinding kaldera maka akan disuguhkan oleh pemandangan kawah yang luar biasa luas. 

Kehebatan letusan Tambora membuat peradaban yang hidup di kaki lerengnya musnah seketika dan bagi dunia, abu vulkanik Tambora membuat kondisi iklim berubah drastis. Tambora sering disebut juga sebagai Pompeii from the east.
Kaldera Tambora
7. Gunung Galunggung
Gunung Galunggung terletak di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat dan terakhir meletus dahsyat pada tahun 1982-1983. 

Gunung api ini memiliki ketinggian 2.167 mdpl. Letusan Galunggung terakhir membuat hujan abu di Tasikmalaya hingga ke Samudera Hindia. 

Saat ini Galunggung tengah beristirahat dan diperkirakan akan meletus dalam waktu 75 tahun lagi sejak letusan terakhir. 

Galunggung kini menjadi objek geowisata di Tasikmalaya dan banyak orang yang melakukan camping di dasar kaldera yang terisi air sehingga menjadi danau kawah. 

Jika anda sudah mencapai puncak Galunggung, anda dapat melihat pemandangan kota Tasikmalaya. Di bawah kawah terdapat objek wisata lain yaitu pemandian air panas dan air terjun. 
Kawah Galunggung
Bagaimana?pastinya anda tertarik untuk mengunjungi salah satu diantaranya 7 gunung api di atas. Daripada ke mall mendingan bergeowisata menjelajah alam Indonesia.

Sumber dan Gambar:
close