Peranan Geografi Sebagai Pendidikan Kependudukan

Penduduk merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam geografi. Ruang permukaan
bumi saat ini semakin padat oleh meningkatnya jumlah penduduk dunia. Berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini?Apakah dengan jumlah penduduk yang besar tersebut Indonesia sudah mampu memanfaatkannya dengan maksimal bagi pembangunan?. Dalam geografi penduduk, manusia penghuni suatu wilayah dipelajari pola penyebarannya, kepadatannya, pertumbuhannya hingga perbandingannya dengan jumlah luas lahan (mand-land ratio). Hal ini menunjukkan bahwa penduduk dipelajari relasi keruangan dengan lingkungan tempat mereka hidup.
Berdasarkan proses studi dan analisa tersebut maka akan diperoleh data berkaitan dengan masalah kependudukan pada wilayah tertentu.
Masalah kependudukan yang terjadi di permukaan bumi saat ini disebabkan utamanya karena pertmubuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pemerataan lokasi mereka hidup dan ketidakseimbangan dengan penambahan bahan kebutuhan pokok. Jika dikaitakan dalam teori ekonomi Malthus pada abad ke 18 bahwa pertumbuhan penduduk bertambah berdasarkan deret ukur sedangkan perutmbuhan kebutuhan manusia berdasarkan deret hitung. Namun tentunya dengan kemajuan teknologi, teori tersebut bisa diantisipasi asalkan dengan assa keadilan.
Lalu apa saja permasalahan penduduk di Indonesia saat ini?
1. kemiskinan
2. ketidakmerataan penduduk
3. mentalitas lemah
4. sensitif
Itu tentunya hanya sebagian dari rumitnya permasalahan kependudukan di Indonesia dan geografi memiliki peran untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut tentunya berintegrasi dengan ilmu lainnya seperti ekonomi, sosisologi dan ekologi contohnya.
Pendidikan Kependudukan merupakan proses pendidikan yang tekanannya kepada informasi masalah kependudukan yang tujuannya mengubah masyarakat ke arah hal-hal positif dalam menanggulangi maslaah kependudukan. Secara sederhana peranan geografi pada pendidikan kependudukan yaitu:
1. Menumbuhkan pemahaman siswa akan masalah sosial dan masalah geografi sebagai akibat dari kesenjangan antara pertumbuhan penduduk dan daya dukung lahan.
2. Membina sikap mental masyarakat agar lebih positif dalam menyikapi setiap permasalahan penduduk.
3. Membimbing peserta didik agar dapat mencari jalan keluar secara holistik untuk mengatasi permasalahn kependudukan.


Sumber dan Gambar:
Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar.

0 Response to "Peranan Geografi Sebagai Pendidikan Kependudukan"

Post a Comment