Tujuh Keajaiban Dunia Alam - Geograph88

Tujuh Keajaiban Dunia Alam

Tujuh Keajaiban Dunia Alam
Di dunia ini banyak sekali kenampakan alam yang unik dan berbeda dari yang lain hingga disebut sebagai keajaiban dunia alam. 

Baru-baru ini CNN dan sevennaturalwonder.org membuat list tujuh kenampakan alam yang masuk kategori ajaib menurut  mereka. 

Memang sangat sulit untuk menentukan fenomena mana yang masuk di dalamnya karena pastinya akan banyak sekali fenomena alam di dunia ini yang lain dari biasanya. 

Namun coba saja anda amati dan nilai sendiri dan bisa saja dijadikan pilihan destinasi wisata anda ketika liburan nanti.

1. Grand Canyon
Terletak di Negara Bagian Arizona, lembah ngarai Grand Canyon membentang sepanjang 277 mil dengan sangat mengangumkan. Kedalaman ngarai di Grand Canyon mencapai 1 mil dengan lebar hingga belasan mil. 

Ngarai-ngarai tersebut dibentuk oleh erosi air Sungai Colorado tanpa henti sejak zaman dahulu. Para ilmuwan memperkirakan bahwa awal mula pmebentukkan ngarai sekitar 17 juta tahun yang lalu dan didalamnya menyimpan fakta-fakta sejarah geologi bumi. 

Situs geologi ini banyak menarik perhatian wisatawan dunia karena kemegahan proses geolgi dan karakteristik geologinya.

Tujuh Keajaiban Dunia Alam
Add caption
2. Paricutin
Paricutin tentunya merupakan nama yang sangat asing bagi khalyak umum karena jarang sekali terdengar di berbagai media. Paricutin mrupakan salah satu gunung api tipe Cinder Cone yang terletak di Michoacan Meksiko. 

Hal menarik dari gunung api ini setelah diteliti oleh para ilmuwan adalah tentang siklus hidupnya. Pada tahun 1940-50an masyarakat setempat menyaksikan kelahiran gunung api ini secara bertahap dari celah ladang jagung hingga mencapai ketinggian 1.391 kaki. 

Setelah 19 tahun erupsi, gunung api ini berhenti erupsi pada tahun 1952 dan diharapkan tidak erupsi lagi di masa depan dengan cepat.

Tujuh Keajaiban Dunia Alam
Add caption

3. Aurora
Terlihat di kedua wilayah kutub Bumi, aurora merupakan lampu utara dan selatan. Aurora dapat terlihat pada daerah lintang tinggi atau wilayah lingkar kutub. 

Jika keajaiban dunia lain alam lain terdapat di darat atau laut maka aurora merupaka satu satunya keajaiban dunia yang dapat anda lihat jika melihat ke langit.  

Aurora merupakan pita cahaya yang terbentuk dari partikel kosmik yang berinteraksi dengan atmosfer bumi. Manusia telah berdebat selama ratusan tahun utuk menyingkap tabir terjadinya aurora ini baik dari catatan mitologi Yunani sampai catatan ilmuwan abad pertengahan.

Tujuh Keajaiban Dunia Alam
Add caption

4. Air Terjun Victoria
Air terjun Victoria berasal dari Sungai Zambesi dan terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Aliran sungai ini berujung di suatu titik jurang hingga menghasilkan tirai air setinggi 355 kaki. 

Air terjun ini dinamai Victoria oleh penjelajah Afrika asal Skotlandia David LIvingstone didasarkan pada Ratu Inggris yang memerintah pada saat itu yaitu Ratu Victoria. Nama asli air terjun ini adalah Mosi-oa-Tunya dan masih digunakan secara lokal. 

Air terjun Victoria merupakan air terjun yang indah perpaduan ketinggian dan luasnya sehingga banyak menarik wisatawan. Namun arus ganas Sungai Zambesi menjadi penghalang wisatawan untuk berenang di sekitar air terjun.

Tujuh Keajaiban Dunia Alam

5. Teluk Rio de Janeiro
Teluk Guanabara terletak sekitar 19 mil dari Rio de janeiro dan memiliki lebih dari 100 pulau disekitarnya. Teluk ini dahulunya merupakan sebuah ekosistem yang unik namun sekrang terancam oleh arus urbanisasi manusia. 

Namun pemerintah bertindak cepat dengan memberlakukan UU baru untuk melindungi keberadaan dan keberlanjutan teluk indah ini.

Tujuh Keajaiban Dunia Alam
6. Great Barrier Reef (GBR)
GBR merupakan sebuah gugusan karang memanjang yang terbentuk dari hampir 3000 terumbu karang dan hampir 1000 pulau sepanjang 1.400 mil. GBR ini mengingatkan kita akan tembok besar Cina di daratan. 

Dibangun oleh milyaran organisme sangat kecil yaitu polip karang, GBR merupakan sebuah kebanggaan terendiri bagi Australia. Kawasan ini sangat dilindungi oleh pemerintah karena keunikan ekosistemnya dan satu-satunya di dunia. 

Tujuh Keajaiban Dunia Alam

7. Puncak Everest 
Gunung Everest merupakan titik tertinggi di dunia dan sangat ikonik. Dikenal sebagai Sagarmatha di Nepal dan Chomolungma di Tibet, Everest menjulang setinggi 29.029 kaki dan terbentuk dari tumbukkan lempeng Eurasia dengan lempeng India. 

Everest merupakan impian tertinggi bagi para pendaki-pendaki seluruh dunia dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi yang pernah menginjakkan kaki disana.
Tujuh Keajaiban Dunia Alam

Gambar:
close