Manfaat Liburan Bersama Keluarga - Geograph88

Manfaat Liburan Bersama Keluarga

Manfaat Liburan Bersama Keluarga
Apakah anda suka beriwsata?Berapa kali anda berwisata bersama keluarga setiap tahunnya?.

Anda harus tahu bahwa berwisata alias liburan adalah suatu kebutuhan yang amat penting dan harus dipenuhi jika anda ingin panjang umur dan tidak stress. 

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapa yang dilakukan untuk aktivitas ini.

Menurut salah satu sumber, wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km dari rumahnya dengan tujuan rekreasi.

Untuk merencanakan liburan, anda bisa melihat kalender kerja anda bagi pegawai atau bagi pelaku wiraswasta, anda bisa merencanakan liburan kapan pun anda mau. 

Beragam cara bisa kita lakukan untuk mengisi waktu liburan mulai dari rekreasi ke tempat wisata, belanja barang, atau sekedar memuaskan hobi. 

Perlu diketahui bahwa apapun bentuk liburan, yang jelas liburan sangat bermanfaat bagi kesehatan serta memberikan dampak positif bagi keseimbangan kebutuhan tubuh.

Manfaat utama liburan bagi kesehatan tubuh adalah mengurangi stres. Bayangkan aja nih, rutinitas yang dilakukan setiap hari seperti bekerja tidak kita sadari ternyata membangkitkan stres seseorang. 

Dari sekian banyak penelitian yang pernah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa perasaan stres akan cenderung menurun setelah melakukan kegiatan liburan. 

Artinya lilburan merupaka obat mujarab untuk menurukan stres bahkan katanya liburan yang membahagiakan akan menghindarkan manusia dari resiko stroke, mantap.

Efek positif liburan lainnya adalah berkembangnya wawasan dan pola pikir seseorang. Ketika anda mengunjungi suatu tempat atau lokasi baru pastinya anda akan lebih mengenal tentang adat istiadat, kondisi geografis, masyarakat dan hal lainnya. 

Perbedaan lingkungan membuat anda dan keluarga akan terbuka wawasannya. Berlibur ke luar negeri tentunya bagi sebagian orang sering dipilih dengan tujuan tertentu dan tentunya berlibur ke luar negeri merupakan ukuran kesuksesan hidup bagi beberapa orang.

Kenangan indah akan liburan pastinya akan melekat dalam diri anda setiap waktu. Tanpa disadari hal ini akan meningkatkan keharmonisan keluarga dan meningkatkan kasih sayang antar anggota keluarga. 

Bahkan sebuah studi mengatakan, percaya atau tidak, keluarga yang sering pergi liburan bersama memiliki tingkat resiko yang rendah terhadap perceraian dibanding keluarga yang tidak pernah/jarang berlibur bersama.

Liburan yuk
Bagaimana merencanakan liburan dengan ongkos hemat?
Dalam manajemen rumah tangga sebenarnya harus disediakan cost untuk liburan keluarga setiap tahunnya. 

Memang hal ini sangat sulit sekali bagi sebagian kalangan karena kebutuhan pokok yang selalu meningkat setiap tahun. Namun hal ini sebenarnya bisa disiasati. 

Anda dan keluarga tidak harus berlibur ke luar negeri atau ke luar kota yang memiliki biaya tinggi, kebersamaan keluarga bisa dijalin dengan berpergian ke suatu tempat yang tidak memerlukan dana transport dan akomodasi yang mahal.

Pergi ke taman kota bisa menjadi alternatif liburan yang murah karena saat ini kota-kota di Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya Ruang Terbuka Hijau Publik bagi masyarakat. 

Alternatif lainnya adalah mencari tiket hemat ata promo. Anda bisa surfing di internet jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan tiket pesawat/kereta murah. 

Selain mencari di dunia maya, anda dapat mengunjungi pameran wisata daerah untuk melihat promosi wisata yang sedang berlangsung. Nah, bagaimana?sudahkah anda berlibur bersama keluarga tahun ini?. 


Sumber dan Gambar: disini
close