Sejarah GPS (Global Positioning System) - Geograph88

Sejarah GPS (Global Positioning System)

Sejarah GPS (Global Positioning System)
Global Positioning System (GPS) merupakan suatu sistem radio navigasi penentuan posisi menggunakan satelit. 

GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi dengna akurat dan cepat (koordinat tiga dimensi) dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia. 

GPS merupakan bagian dari Sistem Informasi Geografi dan saat ini sudah merupakan bagian yang menjadi kebutuan hidup manusia. 

GPS dikembangkan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama NAVSTAR GPS (diberikan oleh John Walsh). 

Sistem GPS merupakan sistem penentuan posisi berbasis satelit dna sekaligus merupakan tongga revolusi bidang pengukuran posisi dan navigasi. 

Sistem ini pada awalnya merupakan sistem navigasi militer yang dirancang, dilaksanakan, dibiayai dan dikelola oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak tahun 1973. 

Sistem in iadalah hasil gabungan program U.S Navy's TIMATION  dan proyek U.S Air Force's 621B dibawah tanggung jawab Joint Program Office. Satelit GPS yang pertama telah diluncurkan pada tahun 1978. KOngres Amerika Serikat, GPS kemudian digunakan untuk kepentingan umum sampai sekarang.

Pada awalnya terdapat 24 satelit MEO (Medium Earth Orbit) yang digunakan untuk membantu melacak posisi dengan membagi wilayah bumi menjadi 3 bagian masing-masing diisi 8 satelit. 

Dalam perkembangannya, bumi dibagi menjadi 6 bagian dengan 4 satelit melayani per wilyah. Dengan adanya 24 satelit di angkasa, 4 sampai dengan 10 satelit GPS setiap saat akan selalu dapat diamati di seluruh permukaan bumi. Saat ini GPS digunakan dalam berbagai bidang seperti:

1. Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang seperti menuntun arah rudal atau melacak posisi pasukan. 

Dengan cara ini maka dapat diketahui mana teman atau lawan untuk menghindari salah sasarnan atau menentukan pergerakan pasukan.

2. Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi fitur GPS untuk alat bantu navigasi. 

Dengan begitu pengendara dapat melihat posisi dan memandu (tracking) lokasi yang akan dituju dan mencari jalan alternatif ketika macet.

3. Sistem Informasi Geografi
Untuk keperluan SIG, GPS sering digunakan untuk melakukan pengukurna lapangan dalam pembuatan peta.

4. Pelacak Kendaraan
GPS digunkan juga untuk melacak posisi kendaraan saat ini berada. Para pelaku agen travel atua penyewaan mobil biasanya menggunakan bantuan GPS untuk memonitor posisi klien.

5. Pemantau Gempa
GPS memiliki ketelitan tinggi dan dapat digunakan untuk memantau pergerakan tanah yang ordenya hanya milimeter per tahun. 

Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa atau aktivitas tektonik dan vulkanik lainnya.

6. Aplikasi Kontrol Pesawat Ulang Alik
Penggunaan lebih lanjut dari GPS adalah mencakup aplikasi kontrol dan panduan bagi mesin tak berawak seperti eksplorasi luar angkasa atau tempat-tempat berbahaya di bumi yang tidak dapat dijangkau manusia.

Fitur GPS di kendaraan
Sumber dan Gambar:
SIG berbasi Mobile. Riyanto
close