Definisi Ruang Dalam Geografi - Geograph88

Definisi Ruang Dalam Geografi

Definisi Ruang Dalam Geografi
Bil akita menyebut kata "ruang", apa yang dibayangkan dalam pikiran anda?. 

Bisakah kamu mengartikan ruang?. Apakah ruang itu abstrak atau riil?. 

Kalau abstrak apakah hanya ada dalam khayalan kita atau bisa lebih konkret dari itu sedangkan kalu riil maka ruang itu memiliki batas yang jelas dan ciri-ciri yan berbeda antara ruang yang satu dengan ruang yang lainnya? 

Ruang ini bisa berarti sangat sempit tapi bisa juga sangat luas. Anda dapat membayangkan bahwa ruang hanya sesuatu yang hampa tetapi memakan tempat atau yang terbayang adalah isi yang ada pada ruang tersebut yang tentunya berbeda antara satu ruang dengan ruang lainnya.

Semua benda membuatuhkan ruang sehingga salah satu ciri untuk membedakan benda adalah luas ruang yang dibutuhkan oleh benda tersebut. 

Kesimpulannya, ruang adalah tempat untuk suatu benda/kegiatan atau bila kosong bisa diisi dengan suatu benda atau kegiatan.

Dalam hal ini kata "tempat" adalah berdimensi tiga dan katan benda berarti kegiatan apa saja tanpa batas. 

Manfaat ruang menjadi terbatas bila diberi ciri/karakter tambahan misalnya ruang kelas yang berarti berisi benda atau kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan kelas, ruang tamu berisi benda atau kegiatan sebagai tempat menerima tamu. Tanpa "ruang" maka suatu benda/kegiatan tidak mungkin berada di sana.

Kamus Random House menulis, space is a particular extent of surface. Dengan demikian, secara umum ruang dapat diartikan sebagai tempat berdimensi tiga tanpa konotasi yang tegas atas batas dan lokasinya yang dapat menampung atau ditujukan untuk menampung benda apa saja. 

Sebenarnya ada tiga kata yang sering rumit dan bisa dipertukarkan yaitu: ruang, tempat dan lokasi. Diantara ketiga kata ini, ruang adalah bersifat umum tidak terikat dengan isi maupun lokasi. 

Tempat (place) seringkali dikaitkan dengan keberadaan suatu benda/kegiatan yang telah ada/sering ada di situ. 

Lokasi terkait dengan posisi apabila di permukaan bumi bisa ditentukan bujur dan lintangnya. 

Lokasi sering terkait dengan pemberian nama atau karakter atas suatu tempat sehingga dapat dibedakan lokasi yang satu dengan lokasi lainnya. 

Karena ruang bisa menyangkut apa saja yang memputuhkan tempat maka harus ada batasan tentang ruang yang ingin dibicarakan. 

Dalam geografi, ruang lebih spesifik lagi diterjemahkan sebagai wilayah. 

Perbedaan ruang dengan wilayah menurut saya terletak pada pembatasnya, jika ruang merupakan suatu hal yang abstrak dan bisa ditempati apa saja maka wilayah memiliki batas (boundary) yang jelas. 

Misal wilayah kecamatan A dengan kecamatan B pasti dibatasi oleh suatu hal yang disepakati secara jelas. 

Gambar: disini
close