Pendekatan Analisa Geografi - Geograph88

Pendekatan Analisa Geografi

Pendekatan Analisa Geografi
Jika kamu suka pelajaran geografi maka kamu menjadi orang yang beruntung karena akan menjadi seorang analis keruangan yang handal. 

Tidak semua orang suka geografi dan hanya orang-orang yang tertantang saja yang mau menekuninya. 

Geografi menggunakan pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana manusia beriteraksi dengan lingkungan fisiknya.

Isu-isu yang terkait dengan pemanfaatan ruang oleh manusia dapat dikaji melalui pendekatan keruangan dan kelingkungan. T

eknologi saat ini memberikan perubahan yang drastis pada aliran energi, barang dan jasa di permukaan Bumi dan secara tidak langsung merubah struktur lingkungan. 

Sejak revolusi industri bergulir, perubahan pola tata ruang permukaan Bumi meningkat cepat dan berdampak pula pada pertumbuhan penduduk dan permasalahan lingkungan. 

Dalam memandang sebuah permasalahan ruang maka seorang geograf akan melakukan penyelidikan dengan tahapan-tahapan dari mulai yang sederhana hingga kompleks.

Pertama, seorang geograf akan melihat atau mengamati penyebaran suatu fenomena atau gejala dalam ruang menggunakan media peta. 

Apapun yang terjadi di permukaan Bumi dapat digambarkan dalam peta. Setelah itu akan timbul pertanyaan tentang penyebaran fenomena tersebut 

“Siapa atau apa yang sedang diobservasi?” “Kapan fenomena tersebut diobservasi?” “Dimana fenomena itu terjadi”?. 

Ahli geografi secara umum akan mengetahui bagaimana fenomena tersebut dapat tersebar di permukaan Bumi atau kemudian ia akan mencoba untuk memahami mengapa penyebaran tersebut terjadi.
Geografi adalah mendeskripsikan struktur ruang
Selanjutnya, tugas seorang geograf adalah menganalisa proses penyebaran fenomena tersebut dengan pertanyaan “Mengapa penyebaran tersebut terjadi?” dan “Bagaimana fenomena tersebut terjadi?. 

Setelah proses penyebaran fenomena tersebut dipahami maka pertanyaan selanjutnya yang ada di pikiran ahli geografi adalah “Bagaimana selanjutnya fenomena penyebaran tersebut dapat bertahan atau berubah?” dan “Bagaimana jika….?” untuk membuat prediksi atau keputusan yang berdampak positif di masa depan. 

Cara analisa geografi sangat unik dan tidak terbatas pada satu subjek ilmu untuk menganalisa gejala perubahan dalam ruang. Itulah sebabnya penggunaan berbagai ilmu (interdisipliner) dibutuhkan dalam mengkaji sebuah gejala dalam ruang. 

Pendekatan keruangan dan kelingkungan selalu digunakan dalam menganalisa terjadinya suatu fenomena dalam ruang. 

Dalam beberapa kasus, kedua pendekatan tersebut tidak dapat dipakai terpisah melainkan digabungkan menjadi pendekatan kompleks wilayah. 

Saat ini sorotan utama dalam geografi adalah bagaimana interaksi manusia dalam ruang dan sejauhmana dampak interaksi tersebut dalam memengaruhi perubahan pola struktur ruang.

Sumber: disini
close