Contoh Judul Penelitian Geografi

Mencari judul penelitian seperti makalah atau skripsi memang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah terbiasa meneliti, pemilihan judul mungkin sangat mudah hanya dengan megobservasi lingkungan sekitar. Bagi yang belum memiliki gambaran mengenai contoh judul penelitian geografi, berikut saya berikan contohnya.


1. Fenomena alam
Berbagai fenomena alam banyak terjadi di permukaan bumi mulai dari erupsi gunung api, gempa, tsunami, longsor, banjir dan masih banyak lagi. Berbagai fenomena tersebut dapat menjadi topik yang menarik untuk dijadikan sebuah karya ilmiah baik itu makalah atau penelitian lapangan. Dengan melakukan riset ilmiah maka nantinya akan diketahui penyebab terjadinya fenomena tersebut, faktor-faktor yang memengaruhinya serta bagaimana cara pengurangan resiko korban akibat kejadian tersebut. Beberapa judul karya tulis yang isinya berkaitan dengan suatu fenomena alam diantaranya sebagai berikut:
  • Dampak Erupsi Merapi Tahun 2010 Terhadap Kondisi Lingkungan Desa Cangkirngan.
  • Zonasi Daerah Rawan Tanah Bergerak di Tasikmalaya.

2. Kependudukan
Kependudukan merupakan salah satu kajian khusus dalam geografi yang digambarkan dalam Demografi atau Geografi Penduduk. Pada Geografi Penduduk, manusia sebagai penghuni wilayah di permukaan bumi dipelajari penyebarannya, kepadatannya, petumbuhan, mobilitas dan aktivitasnya terhadap lingkungan. Berdasarkan analisis tersebut akan diperoleh data-data yang berkaitan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan kependudukan. Masalah sosial yang terjadi  di permukaan bumi saat ini terutama berasal dari penduduk seperti pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, penyebaran penduduk yang tidak merata dan ketidakseimbangan penduduk dengan bahan pangan. Studi tentang kependudukan sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut sehingga keseimbangan antara manusia dengan lingkungan dapat terjaga. Beberapa contoh judul karya tulis yang berkenaan dengan tema kependudukan diantaranya:
  • Pengaruh Urbanisasi Terhadap Perkembangan Desa Tanjungsari.
  • Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan Keluarga Harapan di Kelurahan Cipedes.

3. Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Kerusakan lingkungan banyak terjadi saat ini yang diakibatkan kurang arifnya manusia dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Kerusakan tersebut diantaranya adalah pencemaran air, udara, tanah hingga nuklir. Salah satu pendekatan geografi yang merupakan turunan dari ilmu biologi adalah pendekatan ekologi. Pendekatan ekologi dimasukan dalam geografi karena manusia merupakan mahluk yang dominan dalam lingkungan (man ecological dominant) sehingga cenderung akan merubah struktur ruang permukaan bumi tersebut. Beberapa contoh judul karya ilmiah yang bertema lingkungan diantaranya:
  • Pengaruh Pencemaran Air Sungai Terhadap Produktivitas Pertanian Padi Di Desa Mulyasari.
  • Faktor-Faktor Penyebaran Deposit Mineral Batu Bara di Indonesia.

4. Pembangunan wilayah
Pembangunan merupakan sebuah proses peningkatan kehidupan manusia khususnya ke arah yang lebih baik. Setiap wilayah memiliki karakteristik tersendiri sehingga memerlukan perlakukan pembangunan yang sesuai dengan karakteristik tersebut. Pembangunan wilayah mencakup pembangunan di setiap segi baik fisik wilayah maupun pembangunan manusianya. Beberapa judul karya ilmiah yang berkaitan dengan topik pembangunan wilayah diantaranya:
  • Gotong Royong Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Masyarakat Desa .
  • Analisis Pola Pembangunan Pertanian Lahan Basah di Desa Kertajaya.

5. Budaya 
Kebudayaan merupakan hasil dari perwujudan aktivitas manusia di bumi dan setiap wilayah memiliki corak budaya masing-masing pada masyarakatnya. Keunikan dari suatu budaya masyarakat dapat menjadi suatu topik yang menarik untuk dikaji baik itu adat istiadat, kebiasaan, kearifaan lokal, benda-benda fisik maupun hal lainnya. Contoh judul karya ilmiah yang berkaitan dengan tema budaya diantaranya:
  • Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga Dalam Kaitannya Dengan Keberlanjutan Lingkungan.
  • Sejarah Tradisi Seren Taun di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

6. Transportasi 
Di zaman sekarang ini mobilitas manusia di atas permukaan bumi semakin cepat dan memerlukan moda transportasi yang handal. Pembangunan sarana dan prasarana transportasi menjadi salah satu agenda pemerintah untuk memperlancar arus barang dan jasa sehingga yang nantinya berdampak pada pemerataan ekonomi masyarakat. Beberapa judul karya ilmiah yang berkaitan dengan tema transportasi diantaranya:
  • Pembangunan Jalan Desa Kaitannya Dengan Pola Kehidupan Sosial Masyarakat.
  • Efektifitas Bussway Sebagai Moda Transportasi Massa di Jakarta.
Gambar: disini