Profil Negara Amerika Serikat - Geograph88

Profil Negara Amerika Serikat

Profil Negara Amerika Serikat
Siapa tidak kenal negeri Paman Sam, sang penguasa dunia di berbagai bidang saat ini. 

Amerika Serikat merupakan negara yang menguasai peta percaturan politik dan perdagangan dunia. 

Dengan kekuatan teknologinya mereka kini menjadi leader diantara negara-negara lain.

a. Kondisi Geografis
Amerika Serikat merupakan negara adikuasa di dunia dengan merajai sektor-sektor penting di dunia saat ini dengan teknologi dan stabilitas ekonomi yang mereka miliki.

Amerika Serikat terdiri atas 50 negara bagian dan beribukota di Washington D. C. Batas geografis negara Amerika Serikat adalah sebagai berikut:
Utara : Kanada
Timur : Samudera Atlantik
Selatan : Mexico
Barat : Samudera Pasifik 

Peta Amerika Serikat
Secara geomorfologis Amerika Serikat didominasi oleh dataran tinggi dan plato dengan puncak tertinggi adalah Mc. Kinley (6.194 mdpl) di Alaska. 

Secara geologis Amerika Serikat dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian timur, bagian tengah dan bagian barat. 

Bagian timur merupakan deretan Pegunungan Rocky, Sieran Nevada dan Andes. Bagian tengah adalah dataran rendah luas (Great Plains) yang di dalamnya mengalir sungai-sungai besar seperti Suangai Missisippi, Sungai Missouri dan Sugnai Ohio.

 Bagian timur tersusun atas Pegunungan Appalachia dan Pegunungan Alleghany. 
b. Kondisi Iklim dan Vegetasi
Secara umum Amerika Serikat tergolong iklim sedang karena terletak di belahan bumi bagian utara dekat kutub. 

Sebagai sebuah negara dengan daratan yang luas, variasi iklim Amerika Serikat sangat banyak. Daratan Amerika Serikat dipengaruhi oleh kondisi Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Arus Udara dingin dari Kutub Utara. 

Di musim dingin antara Desember sampai April negara bagian utara mengalami suhu terdingin dan mencapai titik beku. Pada bulan Januari dan Februari suhu udara di utara mulai hangat oleh dampak Angin Chinook dari Pegunungan Rocky. 

Sementara itu di bagian selatan suhu berbanding terbalik dengan di utara dengan kondisi suhu yang jarang jatuh mencapai titik beku. 

Amerika Serikat juga termasuk dalam negara siaga badai tornado khususnya di bagian tengah. Negara bagian Oklahoma adalah negara bagian yang masuk jalur tornado raksasa.

c. Kondisi Sumber Daya Alam
Amerika Serikat termasuk negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah mulai dari pertanian, hutan sampai barang tambang. 

Sampai saat ini Amerika Serikat menjadi penghasil batu bara terbesar di dunia. Amerika Serikat memiliki 31,2% cadangan batu bara dunia senilai 30 triliun dan 750 juta Ha hutan bernilai 11 triliun. 

Sektor pertanian di Amerika Serikat dikelola dengan manajemen yang sangat baik dan didukung dengan teknologi yang modern.

Hasil pertanian andalan Amerika Serikat diantaranya gandum, jagung, kedelai, kapas dan buah-buahan. 
Pemandangan Kota New York
d. Kondisi Sosial Ekonomi
Penduduk Amerika Serikat sangat heterogen dan terdiri dari berbagai suku bangsa sehingga kebudayaannya beragam. 

Penduduk asli Amerika Serikat adalah suku Indian dan Eskimo sedangkan sisanya adalah migran dari Eropa dan berbagai benua lain. 

Tingkat pendidikan masyarakat Amerika Serikat sangat tinggi dan banyak menghasilkan ilmuwan-ilmuwan dan miliarder yang berasal dari universitas terkemuka seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology dan Boston University. 

Dengan sistem pemerintahan liberal, masyarakat Amerika Serikat bebas melakukan ekspresi yang ia sukai asal tidak mengganggu kepentingan orang lain. Hal tersebutlah yang menyebabkan banyak warga negara lain yang pindah ke Amerika Serikat. 

Pemerintah Amerika Serikat sangat menaruh perhatian tinggi terhadap perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dengan tujuan menguasai perekonomian dan teknologi dunia.
Golden Gate San Fransisco
close