Rute Wisata ke Umbul Ponggok - Geograph88

Rute Wisata ke Umbul Ponggok

Rute Wisata ke Umbul Ponggok
Meskipun telat, tapi karena tuntutan profesi maka segala hal yang berbau traveling harus di update di blog ini. 

Bulan lalu kami sekeluarga mengunjungi objek wisata air Umbul Ponggok di daerah Klaten. Wisata ini adalah wisata air yang di dalamnya terdapat ikan-ikan air tawar. 

Kami berangkat bertiga dari Jogjakarta dan lokasinya lumayan jauh sekitar 2 jam atau kira-kira 40 km. 

Jika anda berada di Jogja anda tinggal ikuti saja jalan jogja-solo sampai dengan melewati kota klaten. 

Setelah kota klaten hingga nanti mendapati persimpangan Terminal Penggung. Anda kemudian belok kiri dan terus saja susuri jalan aspal mulus dan dari sana sekitar 6 km akan sampai di Umbul Ponggok. 
Ikan di Umbul Ponggok
Umbul Ponggok ini katanya sudah ada sejak zaman kolonial dahulu. Setelah tiba di lokasi, anda tinggal parkir dan beli karcis masuk sebesar 5000 rupiah. 

Jika anda ingin  menyewa peralatan diving, anda harus membayar sekitar 20.000 rupiah. Air di kolam sangat jernih sekali dengan kedalaman antara 1 -2,5 m. 

Anda bisa merasakan sensasi berenang dan snorkeling bersama ikan-ikan kecil berwarna-warni. Berbagai properti juga ada di dalam kolam seperti becak dan motor. 

Jika anda ingin mengabadikan momen bersama ikan, maka lebih baik anda punya kamera underwater daripada nyewa kamera di sana. 

Jika anda sudah lelah dan lapar, ada banyak kantin menyediakan jajanan di sekitar kolam.
Dasar kolam Umbul Ponggok ini berupa pasir dan bebatuan alami dan di tengah-tengahnya terdapat mata air. 

Air disini terus bersirkulasi sehingga kejernihannya tetap terjaga. Jika anda ingin mendapatkan foto yang bagus,  lebih baik anda datang pagi hari atau sore hari karena air lebih jernih jika sudut datang matahari miring selain itu jika siang hari pengunjung semakin ramai. 

Saya tidak sempat tanya ikan jenis apa saja yang ada di sana tapi sangat bagus gak kalah dengan ikan di laut. 
Wisata air Umbul Ponggok
close