Fakor Kualitas Informasi Website Atau Blog - Geograph88

Fakor Kualitas Informasi Website Atau Blog

Fakor Kualitas Informasi Website Atau Blog
Fakor Kualitas Informasi Website Atau Blog- Saat ini informasi merupakan sesuatu yang sangat berharga dan menjadi kebutuhan manusia. 

Jika dahulu informasi hanya bisa diketahui melalui pesan surat, buku atau cara fisik lain, maka saat ini dengan bermodal smartphone kita bisa mengakses jutaan bahkan milyaran informasi di website atau blog melalui koneksi internet. 

Informasi kini merupakan barang yang bernilai dan manusia banyak mencari uang lewat bisnis berbasis informasi ini. Website atau blog merupakan salah satu sarana untuk berbagi informasi kepada khalayak. 

Semakin berkualitas sebuah website atau blog maka akan semakin tinggi juga angka kunjungan atau visitornya. Jika anda ingin membuat blog atau website yang berkualitas maka ada 3 faktor yang mempengaruhi kualitas informasi dalam web atau blog tersebut.
http://www.ashford.gov.uk/
1. Relevansi (relevancy)
Suatu informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Pengukuran nilai relevansi ini akan terlihat dari jawaban atas pertanyaan "how is the message used for problem solving?". 

Informasi akan relevan jika ia memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang akan berbeda. Ada orang yang mengingingkan informasi tentang teknologi, traveling, kuliner dan lainnya. 

Pemilihan topik tentunya bergantung pada pembuat website atau blog itu sendiri. Golongan mana yang akan dijadikan sasaran pemilik blog atau web, apakah pelajar, pelaku usaha, pecinta kuliner atau lainnya.

2. Akurasi (accuracy)
Suatu informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias atau menyesatkan, bebas dari kesalahan dan harus jelas maksudnya. 

Saat ini banyak sekali informasi "sampah" yang menggiring pembacanya untuk berfikir yang tidak jelas dan menyebabkan fitnah dimana-mana. 

Ketidakakuratan informasi dapat terjadi karena sumber informasi mengalami gangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau mengubah data-data asli. Beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi antara lain:

- Kelengkapan informasi
Informasi yang komplit, berarti informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki kelengkapan yang baik karena bila informasi  yang diberikan sebagian-sebagian tentunya akan memengaruhi dalam pengambilan keputusan atau pemecahan masalah penggunanya. 

Jika anda membuat web atau blog tentang resep masakan maka informasi yang diberikan harus tuntas dari awal hingga akhir jangan sepotong-sepotong dan membingungkan pembacanya.

- Kebenaran informasi
Informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data haruslah benar sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. 

Jika anda memposting tentang lokasi wisata maka hendaklah anda mendeskrispikan hal-hal yang benar-benar ada di lokasi tersebut dan jangan menuliskan informasi yang tidak ada alias bohong.

- Keamanan
Informasi juga harus aman dikonsumsi semua pihak. Saat ini banyak sekali informasi yang memancing orang untuk berbuat kejahatan seperti asusila dan lainnya. 

Jadi buatlah informasi yang aman dikonsumsi dan tidak menggiring manusia ke jurang kesesatan.

3. Tepat Waktu (timeliness)
Saat ini jutaan informasi berubah setiap detiknya dan orang senantiasa menanti informasi terbaru  setiap harinya. 

Web dan blog yang berkualitas haru di update setiap saat agar pengunjung senantiasa mendapatkan hal baru dan akan kembali berkunjung di kemudian hari. 

Itulah faktor kualitas informasi sebuah web atau blog. Bagaimana?siap untuk menjadi blogger berkualitas?
close