Suku-Suku Bangsa di Indonesia - Geograph88

Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Suku-Suku Bangsa di Indonesia
Suku-Suku Bangsa di Indonesia- Coba ada berapa jumlah suku bangsa di Indonesia, hayo?. 

Kajian tentang suku bangsa di Indonesia lebih terkait dengan disiplin ilmu antropologi. 

Selain memilih suatu kejuruan dari sub ilmu dari antropologi  (paleoantropologi), antropologi fisik, etnolog, antropologi sosial, dan lainnya. 

Para ahli antropologi biasanya juga memilih suatu daerah tertentu, sehingga ia menjadi ahli Asia Barat-Daya, ahli Amerika Utara, ahli Amerika Latin, ahli Asi Tenggara dan lainnya.

Seorang ahli Asia Tenggara misalnya dianggap memiliki kemampuan mengetahui segala seluk-beluk kehidupan masyarakat dan kebudayaan dari semua suku bangsa yang ada di Myanmar, Thailand, Laos, Kambodia, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Filipina dan pernah melakukan penelitian yang mendalam pada sedikitnya dua suku bangsa (sedapat mungkin satu diantaranya dibagian benua dan satu lagi di bagian kepulauan). 

Seorang ahli antropologi Indonesia tentu tidak mungkin memenuhi syarat itu, ia terutama wajib mengenal berbagai bentuk masyarakat dan kebudayaan di wilayah Indonesia sendiri.

Dalam pembagian kejuruan, antropologi secara konvensional mengelompokkan Papua dan Papuan Nugini ke dalam kategori Melanesia yang dipelajari secara mendalam oleh para ahli antropologi dengan kejuruan Melanesia atau Oseania. 

Selain memusatkan perhatiannya pada wilayah Indonesia, seorang ahli antropologi Indonesia juga wajib mengetahui cukup banyak tentang berbagai masyarakat dan kebudayaan negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan lainnya.

Pada umumnya penggolongan berbagai suku bangsa Indonesia didasarkan pada sistem lingkaran hukumadar yang dibuat oleh Van Vollenhoven. Suku Bangsa Indonesia terbagi ke dalam 19 zonasi yaitu:
Peta Lingkaran Adat Suku Bangsa Indonesa (Koenjaraningrat)
1. Aceh
2. Gayo-Alas dan Batak
2a. Nias dan Batu
3. Minangkabau
3a. Mentawai
4. Sumatera Selatan
4a. Enggano
5. Melayu
6. Bangka dan Biliton
7. Kalimantan
8. Minahasa
8a. Sangir Talaud
9. Gorontalo
10. Toraja
11. Sulawesi Selatan
12. Ternate
13. Ambon Maluku
13. Kepulauan Barat Daya
14. Irian
15. Timor
16. Bali dan Lombok
17. Jawa Tengah dan Jawa Timur
18. Surakarta dan Yogyakarta
19. Sunda
close