Cara Menanam Bawang Di Plastik Botol - Geograph88

Cara Menanam Bawang Di Plastik Botol

Cara Menanam Bawang Di Plastik Botol
Bawang  merupakan makanan padat nutrisi karena memiliki jumlah kalori yang rendah namun punya nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral dan antioksidan. 

Mengonsumsi bawang secara teratur dapat menurunkan resiko terserang beberapa penyakit kanker, meningkatkan mood dan menjaga kesehatan kulit serta rambut. 

Kita tentu sering membeli bawang pasar untuk persediaan bumbu dapur, bukan?. Tapi tahukah bahwa kita bisa menghemat belanja bawang dengan cara menanam sendiri di rumah?. 

Dengan demikian anda dapat menghemat pengeluaran karena bisa bertani di rumah. Inilah cara menanam bawang dengan media botol plastik: 
Cara Menanam Bawang Di Plastik Botol
Panen Bawang di Botol Galon, pic:http://www.lifehealthandfood.com/

Bahan-Bahan
- botol galon bekas 5 liter
- gunting
- bibit bawang
- tanah gembur

Cara Pembuatan
- Potong leher galon
- Gunakan gunting lalu buat lubang di sekitar tubuh botol plastik. Pastikan bahwa lubang cukup besar untuk bawang tumbuh  secara merata satu sama lain .
- Tuangkan  tanah ke dalam botol hingga mencapai lapisan pertama lubang.
- Taruh bibit bawang di mulut lubang, pastikan bahwa ujung (di mana daun tumbuh keluar) menghadap ke luar. Ini agar kecambah bawang  tumbuh ke arah luar, bukan ke dalam ke dalam botol plastik.
- Setelah selesai menanam bibit lalu tuangkan lagi tanah hingga semua bibit tertutupi tanah.
- Ulangi langkah 4 dan 5.
- Terus tambahkan tanah dan bawang sampai botol penuh.

Mudah bukan,  anda sekarang punya kebun mini di rumah. Siram air dari atas mulut botol, dan dalam 5-7 hari bawang anda sudah mulai tumbuh dewasa.


Setelah mereka tumbuh, Anda hanya dapat memotong 3 cm batang di atas akar, dan dalam waktu seminggu mereka akan tumbuh kembali! Anda dapat memanen bawang anda dalam waktu mingguan. 

Pastikan pasokan air cukup. Selamat bertani mandiri di rumah. 

Baca juga: Bertani dari sampah organik di dapur,mau?
close