Madeira Portugese, Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo

Mungkin banyak orang belum tahu sebelumnya tentang pulau yang satu ini yaitu Madeira. Ya, Madeira kini menjadi terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata dunia berkat putra daerahnya yaitu superstar Cristiano Ronaldo. Madeira merupakan sebuah pulau di bagian barat daya Portugal dan terletak di Samudera Atlantik dan masuk dalam ajajaran Savage Islands. Pulau ini memiliki luas total 801 km persegi dan beribukota di Funchal. Total penduduk berdasarkan sensus 2011 mencapai 267 ribu jiwa. Pulau lain di sekitar Madeira diantaranya: Porto Santo dan Desertas.
Madeira Portugese, Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo
Pulau Madeira Portugese, pic:https://www.welt-atlas.de
Kepulauan Madeira secara geografis terletak 520 km dari pantai Afrika dan 1,000 km dari benua Eropa (daratan Portugal). Kenapa Madeira bisa terpisah dari daratan Portugal?
Pulau Madeira merupakan puncak dari gunung api "Shield Volcano" dari dasar samudera atlantik dan merupakan barisan pegunungan bawah laut Tore Mountains. Pemekeran lantai samudera terjadi dari arah barat-timur dan memaksa magma muncul ke permukaan laut hingga menghasilkan pulau ini. Kemunculan pulau Madeira diperkirakan terjadi sekitar 5 juta tahun lalu saat era Miosen dan terus berlangsung hingga era Pleistosen 700.000 ribu tahun lalu.

Bukti tersebut dikuatkan dari adanya erosi meluas yang menghasilkan 2 amphiteater alam mengarah ke selatan dari pusat pulau. Aktivitas vulkanik pulau ini menghasilkan kerucut scoria dan aliran lava pada lapisan pulau terluar. Sedangkan aktivitas vulkanik terbaru 6.500 tahun lalu menghasilkan kerucut vulkanik (cincer cone) dan aliran lava yang mengerak.Total garis pantai Madeira mencapai 150 km dengan 90% berada pada topografi di atas 500 m. Deretan pegunungan menghiasi bagian tengah pulau ini dengan puncak tertinggi yaitu Pico Ruivo (1.862 m). 
Madeira Portugese, Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo
Lanscape Madeira, pic:http://portugalholidays.com/w
Endapan vulkanik purba di pegunungan tengah memunculkan beberapa puncak yaitu Ruvio (1862 m), Torres (1851 m), Arieiro (1818 m), Cidrao (1802 m), Cedro (1759 m), Casado (1725 m), Grande (1657 m), Ferreiro (1582 m). Di akhir fase erupsi purba ini, pulau karang terbentuk di sekelilingnya. 

Madeira secara umum memiliki iklim dengan tipe Mediteran (Klasifikasi Koppen). Berdasarkan intensitas sinar matahari, kelembaban, suhu tahunan, ada perbedaan jelas antara wilayah selatan dan utara dari pulau ini. Iklim mikro lain terbentuk di berbagai lokasi seperti iklim basah lembab di pegunungan hingga iklim gurun kering di Selvagens Island. Madeira sangat dipengaruhi oleh arus Gulf Stream, memberikan suhu yang hangat sepanjang tahun. Suhu rata-rata tahunan di Madeira mencapai 19,6 derajat C. Sedangkan curah hujan mencapai icnhi pertahun dengan bulan terbasah pada Oktober dan April.

Madeira memiliki keanekaragaman hayati yang cukup banyak dan jenis spesies flora yang ada memiliki keterkaitan dengan flora wilayah Mediteran, Afrika, Amerika dan Australia. Jenis fauna juga cukup beragam dan paling banyak adalah invertebrarta seperti kupu-kupu sedangkan jenis vertebrata diantaranya kelelawar, kadal dan berbagai jenis burung. Tarantula terbesar di Eropa juga terdapat di Desertas Islands Madeira. Madeira juga punya lebih dari 250 spesies moluska dan beberapa jenis memiliki cangkang dan warna yang unik dan endemik. Karena daerahnya yang merupakan pulau di tengah lautan maka spesies burung pun banyak terdapat di sini seperti merpati Trocaz, Zono's petrel, Barolo dan Cory's.

Madeira Portugese, Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo
Tarantula Madeira, pic:http://www.anura.it/
Itulah sekilas tentang profil geografi Madeira Portugal. Bagi anda para traveler mungkin bisa mencoba berpetualang ke tempat kelahiran sang legenda sepakbola CR7 ini. Atau mungkin anda ingin coba menginap di hotel CR7 di Madeira?.

2 Responses to "Madeira Portugese, Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo"

  1. kampungnya sangat nyaman ya
    http://www.kangalip.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi pengen ke sana, cocok untuk menenangkan diri

      Delete