Pengalaman Perpanjang SIM Online di Polres Bekasi Kota

Pagi ini karena Sabtu libur, maka saya agendakan untuk perpanjang SIM A karena masa berlakunya tinggal 1 minggu lagi. SIM saya sebelumnya dikeluarkan di polres Tasikmalaya, namun karena saya berdomisili di Bekasi saat ini maka saya perpanjang disini saja. Di Jabodetabek semua polres sudah bisa melayani perpanjangan SIM online dan ini cukup memudahkan saya. Lalu bagaimana perjalanan saya memperpanjang SIM dari awal hingga keluar SIM baru?.

Pertama jika anda sekarang sedang ada di Bekasi maka anda harus menuju polres Bekasi yang berada di Jl. Pramuka dekat RSUD Bekasi, kalau belum tahu cari aja di google map pasti ada, kalau gak ada berarti HP anda yang bermasalah. Usahakan anda datang pagi hari, jam 7 harus stand by disana jika tidak ingin mengantri terlalu lama. Untuk operasional Loket SIM di polres Bekasi dibuka mulai pukul 08.00. Jika sudah di depan polres anda masuk ke dalam saja, lokasinya di belakang (tanya saja ke petugas disana). Ingat jangan pakai calo ya, karena jika anda datang pagi hari sebenarnya prosesnya mudah saja tidak sampai 2 jam. Motor atau mobil bisa di parkir di depan atau di belakang.

Syarat yang harus anda siapkan sebelum perpanjang SIM adalah:
1. Fotokopi KTP (3 lembar)
2. Uang Rp. 25.000 untuk cek kesehatan
3. Biaya Rp. 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp. 75.000 untuk SIM C
4. Uang Rp. 30.000 untuk premi asuransi 5 tahun
5. Total sekitar 135.000an
6. Terakhir bawa pulpen jangan lupa!

Ya, langsung saja anda masuk ke bagian pendaftaran, disana ada kotak pendaftaran. Masukkan 2 fotokopi KTP anda di sana, lebih pagi lebih baik lalu anda tinggal ditunggu dipanggil untuk urus-urus surat kesehatan. Disana anda dikenakan biaya kesehatan sebesar yang sudah disebutkan di atas, lalu akan dikasih formulir.
Pengalaman Perpanjang SIM Online di Polres Bekasi Kota
Lagi Nunggu Panggilan Perpanjang SIM
Lanjut setelah itu anda keluar gedung cek kesehatan ke sebelah kanan untuk melakukan pembayaran dan foto SIM. Anda akan diminta menyerahkan formulir yang tadi diterima dan menyerahkan SIM lama. Lalu anda bayar biaya perpanjangan SIM dan premi asuransi. 
Setelah itu akan ada blanko isian data pribadi yang harus anda isi sendiri. Makanya jangan lupa bawa pulpen daripada rebutan di sana, lama dan pulpen terbatas.
Pengalaman Perpanjang SIM Online di Polres Bekasi Kota
Foto SIM dulu
Setelah itu kembalikan lagi formulir ke administrasi dan anda akan diminta menunggu panggilan untuk di foto. Setelah difoto "cekrek" anda tinggal menunggu SIM anda jadi sekitar 10 menitan saja. Dan SIM baru sudah bisa anda dapatkan kembali.
Ingat, tidak semua polres di daerah bisa melakukan perpanjangan SIM online, hanya polres tertentu saja. Saya sebelumnya coba di polres Majalengka namun belum bisa. Daripada buat SIM baru lebih repot dan mahal, mending perpanjang yuk!>

0 Response to "Pengalaman Perpanjang SIM Online di Polres Bekasi Kota"

Post a Comment