Pura Besakih, Tempat Menggapai Nirwana

Kalau di Thailand ada Angkor Wat maka Indonesia juga tidak kalah hebat punya pura Hindu terbesar dan terindah di dunia yaitu Pura Besakih. Terletak di lereng bagian selatan Gunung agung, Pura Kahyangan Jagad Besakih berdiri kokoh dan indah di Deas Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Desa Besakih berasal dari kata sansekserta "Basuki" yang artinya "keselamatan". Pura ini merupakan pura induk di Bali karena berdiri di desa dengan ketinggian tertinggi diantara desar lain. 
Pura Besakih, Tempat Menggapai Nirwana
Pura Besakih dengan Latat Gunung Agung, pic:https://www.wheresmypandit.com/
Bangunan ini dibangun pada abad ke 14 tersusun atas 22 pura yang berjajar di kaki pegunungan, dengan struktur teras bertingkat dan anak tangga yang kian menanjak, sesuai dengan filosofi  spiritual Hindu untuk terus meningkatkan perjalanan menuju puncak gunung dan Sang Pencipta.

Dari gerbang masuk, wisatawan akan menuju pada struktur Meru puncak menara utama, Pura Penataran Agung, yang menjadi pura terbesar di dalam kompleks Pura Besakih. Sebagai pura induk, Pura Besakih merupakan jantung dari semua kegiatan persembahyangan Agama Hindu Dharma yang menjadi kepercayaan utama warga Bali dimana terdapat lebih dari 70 upacara kegamaan yang dilangsungkan disana setiap tahunnya.

Pura Besakih ini dapat diakses dengan 1 jam perjalanan mobil dari Bandara Ngurah Rai. Dari tempat parkir menuju pura, para wisatawan harus melewati area pedagang makanan dan suvenir yang cukup panjang dan menjadi penguji rasa sabar karena beberapa pedagang seringkali memaksakan untuk menjual barang dagangannya kepada pengunjung.

Pura Besakih merupakan tempat ibadah agama Hindu Dharma sehingga wisatawan harus bersikap sopa dan tidak bertingkah usil mengutak atik benda apapun di dalam pura serta mengenakan busana adat berupa sarung dan ikat yang telah disediakan di pintu masuk.

Wisatawan dapat mencapai pura terbesar namun hanya umat yang hendak beribadah yang diperbolehkan masuk pura lainnya. Jika ingin menggunakan jasa guide, disana sudah ada beberapa jasa tersebut dengan harga bervariasi. Guide nantinya akan membantu pengunjung untuk memahami kompleks pura seperti makna ukiran di pura yang menceritakan kisah Ramyana dan Mahabrata.

0 Response to "Pura Besakih, Tempat Menggapai Nirwana"

Post a Comment