Sanur, Pantai Pasir Putih Nan Indah di Bali

Mungkin sebagian orang lebih mengenal tentang Kuta jika mendengar kata Bali, namun ada satu pantai lagi yang menjadi master place di Surga Indonesia ini yaitu Sanur. Sanur merupakan suatu kawasan wisata pantai berpasir putih yang populer sebagai sunrise beach dengan pemandangan matahari terbit yang indah di ufuk timur.

Sanur banyak menyimpan sejarah pariwisata Bali sebagai awal lahirnya hotel berbintang di Pulau Dewata. Pelopor hotel berbintang di Bali adalah Grand Inna Bali Beach, yaitu hotel berlantai 9 di bibir pantai Sanur dan menjadi hotel bintang lima pertama di Bali. Kepeloporan Sanur sebagai cikal bakal wisata kelas dunia ditambah dengan adanya lapangan golf pertama di Bali dan galeri seni milik Adrien Le Mayeur, pelukis terkenal dari Belgia. Le Mayeur menikah dengan wanita Bali bernama Ni Polok dan menjadi seniman luar negeri pertama yang hijrah dan menjadikan Bali sebagai sumber inspirasi karya mereka.

Ciri khas Sanur selain pantainya yang indah adanya taman tropis dengan pepohonan rindang yang saat ini dikenal dengan Taman Bali. Sanur yang teduh dan hijau menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk mendapatkan ketenangan maksimal daripada hiruk pikuk Kuta. Kebanyakan kawasan Sanur dikunjungi para wisatawan mapan dari Eropa. Sanur dapat diakses sekitar 20 hingga 30 menit dari Ngurah Rai. Berada di sebelah utara Kuta, Sanur juga menjadi dermaga untuk berwisata perahu boat ke Nusa Lembongan.

Atraksi Utama di Sanur
Berkunjung ke Sanur berarti anda akan bercengkerama dengan pantai sehingga berbagai macam wisata air banyak tersedia disini. Sanur juga berarti wisata seni dimana galeri seni kelas dunia berada. Bagi yang berlibur membawa keluarga Sanur menyediakan berbagai jenis wisata edukatif. Sanur juga menarik bagi wisatawan usia mapan yang lebih gemar bermeditasi, yoga atau bermain golf. Bagi pelancong yang membawa anak kecil dapat pula membawa sang buah hati ke Taman Bermain Peek A Boo di Jl. By Pass Ngurah Rai.
Sanur, Pantai Pasir Putih Nan Indah di Bali
Keindahan Pasir Putih Pantai Sanur,pic:http://notwithoutmypassport.com/
Wisata Seni "Museum Le Mayeur"
Rumah seniman Belgia Adrian Jean Le Mayeur kini diabadikan menjadi museum. Dalam museum tersebut terpajang sekitar seratus lukisan peninggalan sang maestro yang meninggal tahun 1958. Ia banyak melukis alam dan manusia di Bali dengan sang istri, penari Legong bernama Ni Polok sebagai objek favorit lukisannya. 

Wisata Sejarah di Sanur
Para pelancong dapat mengunjungi suatu pilar batu yang ada di Pura Blanjong di sebelah selatan Sanur yang merupakan salah satu artefak tertua buatan manusia yang pernah ditemukan di Bali. Diperkirakan prasasti tersebut dibangun sekitar abad ke 10.

Wisata Bali Orchid Garden
Sanur identik dengan Taman Bali sehingga tidaklah heran jika disini terdapat Taman Anggrek yang menakjubkan. Ratusan bunga anggrek dari berbagai wilayah nusantara bermekaran sepanjang tahun menyejukan mata yang melihatnya. Mulai dari anggrek bulan sampai anggrek hitam yang langka ada disini.

Wisata Air
Sanur punya ombak yang cukup baik untuk wisatawan melakukan berbagai macam aktifitas air seperti windsurfing, paragliding, kitesurfing dan banana boat. Nopember sampai April adalah waktu terbaik untuk surfing dengan spot terbaik di sekitar hotel Hyatt, Sanur. Bila ingin melakukan diving anda juga dapat menyewa paket menyelam di Nusa Lembongan.

Wisata Susur Pantai
Jalan setapak dibangun sepanjang garis pantai sanur yang indah dan menjadi favorit wisatawan untuk jalan-jalan menikmati suasana pantai. Rute favorit menyusuri pantai sanur adalah dari arah selatan, Jl.Mertasari kearah Jl.Hang Tuah. Cafe romantis juga banyak tersedia di pinggir pantai dengan meja dan kursi yang nyaman.

Wisata Spiritual dan Relaksasi
Setiap pagi, saat cuaca cerah pantai Sanur menjadi lokasi favorit untuk melakukan Yoga dan meditasi. Wisatawan juga dapat berlatih di beberapa studio seperti Manic Organic, Power of Now Oasis dan Hot Yoga Studio Leona yang membuka kelas yoga tiap hari dengan pelatih dari dalam maupun luar negeri. Pilihan relaksasi yang lebih ringan, misalnya spa, sangat mudah didapatkan di sanur. Hampir semua hotel berbintang di Sanur punya fasilitas day-spa treatment yang berkelas.
Festival Layang-Layang
Sanur adalah tuan rumah festival layang-layang internasional setiap tahun. Pada event tersebut, berbagai seniman layang-layang dari seluruh dunia akan beradu kreasi di Pantai Padang Galak, 2 km an dari sisi utara Sanur. Layang-layang tradisional Bali dibuat raksasa dengan tinggi hingga 10 m, diperlombakan antar banjar (desa) dimana pemenangnya akan mewakili festival tersebut. Festival ini berlangsung setiap bulan Juli, namun sejak Juni hingga Agustus adalah bulan pesta layang-layang dimana layangan raksasa unik beradu indah menghiasi langit udara Sanur.

Sanur, Pantai Pasir Putih Nan Indah di Bali
Sanur Beach Map, pic:http://www.baligrouporganizer.com/
Hutan Bakau
Di bagian ujung timur pantai Sanur terdapat Pusat Informasi Mangrove, Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai, Suwung Kauh yang mengawal hutan bakau ratusan hektar. Para pelancong dapat berwisata alam dengan mengunjungi hutan mangrove dengan panduan aktivitas pecinta lingkungan yang menjelaskan pentingnya hutan mangrove sebagai penjaga lingkungan. Tempat ini kerap menerima kunjungan anak sekolah dan wisatawan yang berlibur bersama keluarga.

Berlayar dengan Perahu Lantai Kaca
Sanur memang merupakan salah satu pusat selam dan snorkeling di Bali namun para penyedia jasa wisata air di Sanur tidak melupakan mereka yang tidak bisa berenang. Perahu berlantai kaca menjadi salah satu favorit wisatawan untuk mengintip dasar laut yang kaya dengan koral dan berbagai ikan aneka macam. Perahu biasanya akan berlayar menuju pulau Kura-Kura dimana terdapat pusat penangkaran kura-kura untuk dilepaskan kembali ke laut.

Wisata Belanja di Sanur
Sepanjang jalan Danau Tamblingan, Sanur banyak terdapat toko souvenir yang menyediakan aneka kerajinan tangan, busana, hingga batu permata. Selain itu kerajinan perak Sanur juga cukup populer. Butik-butik khusus juga banyak berdiri menyediakan tenun tradisional berukualitas dari penjuru Indonesia.

Wisata Kuliner di Sanur
Sanur kaya akan restoran fine dining yang anggun maupun cafe tropis yang nyaman untuk menikmati minuman segar di pinggir pantai. Di sanur juga terdapat warung Blanjong, restoran Indonesia yang sangat populer dengan pepes Balinya.

0 Response to "Sanur, Pantai Pasir Putih Nan Indah di Bali"

Post a Comment