Miniatur Belajar Geografi 3 Dimensi - Geograph88

Miniatur Belajar Geografi 3 Dimensi

Miniatur Belajar Geografi 3 Dimensi
Guys, belajar geografi tentunya sangat membosankan dan bikin ngantuk jika hanya mendengarkan ceramah, baca buku yang hitam putih ga ada warnanya atau cuma ngerjain latihan teori saja. 

Geografi adalah pembelajaran tentang bagaimana cara memahami sebuah fenomena di permukaan bumi. 

Tentu saja idealnya adalah siswa langsung terjun ke lapangan untuk melihat fenomena tersebut (kontekstual). Tapi tentu tidak bisa kita selalu terjun ke lapangan melihat gejala tersebut.
Miniatur Belajar Geografi 3 Dimensi
Contoh Peta Topografi 3D,pic:https://s-media-cache-ak0.pinimg.com
Salah satu alternatif cara untuk membawa fenomena tersebut ke kelas adalah dengan membuat miniatur fenomena tersebut seperti gunung api, sungai atau lainnya. 

Selama hampir 6 tahun menjadi guru geografi saya belajar mencari cara bagaimana membuat kelas geografi semakin menarik, berwarna dan tidak membosankan. 

Dan salah satu caranya adalah dengan membuat anak aktif membuat sesuatu. 


Kita bisa mengkombinasikan keterampilan kerajinan tangan dengan materi geografi. Banyak sekali web luar negeri yang menyediakan template 3D geografi secara gratis. 

Kita hanya download saja, lalu print di kertas karton dan serahkan pada siswa untuk merangkai dan berdiskusi tentang fenomena tersebut. 

Berikut ini contoh model 3D geografi tentang volcano dan longsor yang saya dapat dari googling di internet. 

Bagi rekan guru lain yang punya ide tentang belajar geografi kreatif, bisa memberikan sarannya di bawah untuk kemajuan pembelajaran geografi di sekolah. Baca juga: Cara Membuat Morfologi Sungai Dari Kardus Bekas

Sumber: 3dgeography 
close