10 Negara Beriklim Sempurna Untuk Liburan

Jika ditanya, ingin tinggal di daerah beriklim seperti apa?, tentu perspektif orang akan berbeda-beda. Apakah ada cuaca dan iklim yang sempurna untuk kehidupan?. Untuk mendefinisikan kondisi iklim yang sempurna, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan tentunya. Apakah anda pecinta mandi sinar matahari atau penyuka salju?. Apakah anda suka berpanas ria seperti padang pasir?. Atau anda lebih suka melihat awan berarak di langit?.

Memang banyak orang yang menyukai kelembaban yag rendah, curah hujan sedikit, suhu hagat dan sinar matahari yang panjang sepanjang tahun, tapi tidak semua orang setuju akan hal itu. Jika semua orang setuju maka kita akan punya 7 milyar orang yang berdesakan di sebuah pulau dengan luas 459 km persegi untuk mendapatkan kondisi tersebut.

Daripada mengikuti pendapat di atas, saya berikan 10 negara dengan sesuatu yang berbeda dan disana anda bisa menjadi seorang pecinta matahari, hujan atau pemain ski.
10 Negara Beriklim Sempurna
Keindahan Selandia Baru, pic;http://www.ianwattphotography.com/
1. Argentina
Jika kamu suka panas dan lembab, anda harus ke Argentina. Kemudian, jika suka dingin dan salju maka Argentina juga adalah tempat yang tepat. Negara ini tersusun atas pegunungan dengan peredaan elevasi yang begitu besar sehingga suhu musim panas rata-rata dapat berbeda 40 derajat F dari utara ke selatan. Jika mencari salju, anda tinggal ke bagian ujung selatan sejauh 3.000 mil dan akan menemukan musim panas pendek dan musim salju berlimpah. Di bagian barat juga ada Pegunungan Andes yang menjamin suhu seperti Arktik.

Pecinta matahari dapat memilih dari salah satu  pantai timur dari utara hingga hutan tropis dekat Amazon. Di bagian ini anda akan menemukan musim panas yang panas, lembab dan musim dingin yang pendek dan kering. Argentina adalah rumah 47 gletser besar, padang rumput subur dan hutan hujan tropis. Dari Iguazu Falls di utara, lembah rawa dan berangin di Patagonia hingga Andes tersaji untuk petualangan seru anda.

2. Ekuador
Jangan biarkan negara ini menipu anda, meskipun lokasinya di ekuator, ketinggian negara ini membantu suhu di sini agar tetap stabil. Kota Cuenca yang terletak 2.438 mdpl di Andes meurpakan tempat paling tepat untuk menghabiskan waktu pensiun anda. Pegunungan Andes membagi negara ini ke dalam dua bagian utara dan selatan. Negara ini punya 4 wilayah geografis yang berbeda. Untuk sebelah barat merupakan daerah pesisir dan iklim bertipe tropis. Bergerak ke timur maka anda akan menemukan dataran tinggi Andes dengan iklim lebih dingin. Bagian timur merupakan dataran rendah hutan Amazon dengan iklim tropis.

Akhirnya, hampir 600 mil (960 kilometer) di lepas pantai barat negara itu, terletak mahkota permata: Kepulauan Galapagos. Pulau-pulau vulkanik yang merupakan rumah bagi sejumlah besar satwa liar yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di Bumi. Sementara Ekuador menempati hanya 0,02 persen dari daratan dunia, mengandung 10 persen kekayaan spesies tanaman dan hewan ada di sini.

3. Bolivia
Sama seperti dua negara latin sebelumnya, negara terkurung pegunungan ini memiliki iklim yang bervariasi. Titik tertinggi dengan titik terendah memiliki margin 6.500 meter. Sebagian besar penduduk Bolivia tinggal di La Paz, sisi danau Titicaca yang merupakan ibukota tertinggi dan danau tertinggi di dunia. La Paz sangat ideal bagi mereka yang mencari cuaca dingin dan kering.
Untuk mendapatkan cuaca hangat anda hanya perlu ke timur laut di cekungan Amazon. Di sini cuaca lembab dan panas, dan tidak pernah ada salju. Berbagai spesies unik menempati hutan hujan di wilayah ini termasuk spesies monyet, jaguar dan macaw.

Bolivia juga menjadi tuan rumah keragaman luar biasa dari ekosistem, dari hutan cemara lembab dan hutan tropis kering Andean lembah dan sabana. Negara ini terdapat sekitar 4,7 juta ha Madidi National Parkdan akan menemukan segala sesuatu dari puncak glasial sampai ke hutan hujan Amazon. Menurut Taman Watch, sebuah kelompok konservasi yang dijalankan oleh Duke University, Madidi adalah salah satu tempat paling beragam secara biologis di planet ini.

4. Nepal
Sekilas negara yang terkurung Cina dan India ini tidak akan masuk negara dengan kategori iklim terbaik mengingat Nepal adalah rumah dari 10 puncak pegunungan tertinggi di dunia. Jika anda warga Nepal maka sudah pasti akan memilih bermukim di tengah Lembah Khatmandu atau dataran selatan dimana musim panas yang hangat dan musim dingin yang sebentar berada. Untuk mendapatkan cuaca dingin ekstrim anda tinggal menuju ke utara ke Himalaya. Sebagian besar wilayah Nepal terkena angin musim selama musim panas sedangkan jika anda tidak suka hujan maka pergilah ke utara. Ketika sebagian besar Nepal diguyur hujan lebat maka wilayah utara tetap kering. Anda mungkin akan melihat banyak hewan dibanding manusia di sini.

5. Tanzania
Negara terbesar di Afrika Timur yaitu Tanzania mungkin paling terkenal dengan Taman Nasional Serengeti, tuan rumah migrasi hewan darat terbesar. Sekitar 14 persen dari negara ini digunakan untuk konservasi seperti zebra, gajah dan jerapah. Tanzania dibagi menjadi 3 zonasi yaitu dataran pantai bertipe tropis, dataran tinggi plato di tengah, dan perbukitan. Dua wilayah terakhir memiliki cuaca yang sedang. Suhu di sebagian besar negara ini berada di atas 20 derajat C, sedangkan di dataran tinggi berada di kisaran 10 derajat C.

Meski dekat kahtulistiwa, Tanzania tidak memiliki cuaca panas ektrim karena adanya arus dingin dari Samudera Hindia dan angin gunung dari Kilimanjaro di timur yang punya es salju abadi di puncaknya. Meski anda tidak dapat menemukan salju di tempat lain namun anda dapat menyejukan diri di danau terbesar kedua di dunia yakni Danau Victoria serta di Danau Tanganyika.

6. Perancis
Negara terbesar di Eropa Barat ini masih menduduki negara dengan living index terbaik di dunia berturut-turut. Dari kebun anggur, pantai, puncak salju dan bukit-bukit indah, nampaknya Perancis memiliki segalanya. 

Dengan diapit dua pegunungan dan sungai di tiga sisinya, Perancis punya variasi iklim yang baik. Di utara cuacanya sedang, musim dingin sejuk dan musim panas pendek, tapi karena dekat Mediterania musim panas akan jauh lebih panas. Daerah pegunungan Pyrenia dan Alpen sementara itu punya salju yang abadi dan suhu dingin. Musim dingin di wilayah ini indah oleh sebab itu Perancis menjadi tuan rumah 3 Olimpiade Musim Dingin.

Iklim yang menarik di Perancis membuat setengah wilayah ini digunakan untuk budidaya pertanian khususnya anggur bahan dasar wine. Perancis terkenal sebagai pengekspor wine terbaik di dunia

7. Italia
Italia mungkin lebih dikenal dengan pastanya dibanding cuaca yang indah. Namun anda harus percaya dulu bahwa negeri ini merrupakan salah satu negeri terbaik untuk ditinggali. Italia banyak didominasi pegunungan namun selain itu anda akan menemukan dataran rendah dan garis pantai yang cantk. Pantai Amalfi di tepi barat daya bahkan diakui PBB sebagai situs warisan dunia. Italia juga punya 70 pulau termasuk Sisilia dan Sardinia, tempat gunung api aktif di Eropa, Etna.

Sebagian besar, Italia memiliki cuaca hangat, musim panas kering dan musim dingin pendek. Tapi di utara, di Alpen, iklimnya dingin dan basah. Di ujung selatan, cuacanya panas dan kering. Bagian selatan juga merupakan pusat pertanian yang dikenal dengan Mezzogiorno atau tanah matahari siang.

8. Spanyol
Berlokasi di barat daya Eropa dan utara Afrika, Spanyol menjadi daratan yang lumayan untuk cuacanya. Berbatasan dengan tiga perairan berbeda: Teluk Biscay di utara, Laut Meediternia di timur dan Atlantik di Selatan, Spanyol dikepung oleh arus dari 3 perairan tersebut. Pegunungan Pirenia di utara dan sebaran pulau di Mediterania dan Atlantik.

Salah satu pulau di Spanyol yaitu Canary Island, merupakan tujuan wisata karena suhu secara suhunya di angka 15 derajat C di musim dingin dan 24 derajat C di musim panas. Lima zona lingkungan berbeda ada di negara ini, mulai dari permukaan laut hingga puncak bersalju ada di sini. Gunung Teide di puncak Tenerife adalah tujuan ski populer di Eropa.

9. Amerika Serikat
Negara terbesar di dunia, Amerika Serikat selain multikultural tapi juga punya ngarai terbesar di dunia, sungai terpanjang, lembah terdalam dan danau terbesar. Terdiri dari 50 negara bagian, AS merupakan salah satu favorit wisatawan dunia. Anda akan menemukan pantai tropis di Hawai dan Florida, tundra di Alaska, padang pasir gersang dan padang ruput di barat dan dataran subur di tengah, hutan lembab di timur dan lainnya. 

AS dibagi menjadi 6 wilayah berdasarkan iklim dan kondisi geografis. Anda akan menemukan Grand Canyon, Sungai Missisippi, Pegunungan Rocky yang besar dengan Great Lake nya. Anda juga dapat menemukan Death Valley (86 meter di bawah laut) dan Puncak Mc Kinley 6.198 mdpl, dan hutan tropis di Hawaii.

10. Selandia Baru
Tidak salah memang sutradara Peter Jackson memilih negeri ini sebagai tuan rumah syuting trilogi "Lord of The Ring". Puncak gunung api, padang rumput, hutan lebat dan gletser tersedia disini. Berbagai landskap luar biasa menakjubkan akan anda temukan di Selandia Baru. Rangkaian Taman Nasional tersebar indah dari ujung utara ke selatan negeri ini. Taman Nasional Remote Te Urewera di utara terkenal dengan danau dan hutannya, sementara Rakiura di selaran terkenal dengan pantai dan pasir indahnya. Sementara di tengah-tengah, anda akan menemukan taman yang menampilkan segala sesuatu tentang ventilasi panas bumi dan hutan hujan, gurun dan gletser


Dengan semua variasi ini, sudah jelas bahwa iklim disini sangat beragam. Sementara banyak negara memiliki iklim sedang, Selandia baru tidak dapat diklasifikasikan secara umum. Hangat dan tropis di utara, misalnya, menjadi lebih beriklim saat Anda pergi ke selatan. Daerah pegunungan memiliki kondisi alpine, dengan daerah barat dari pegunungan yang jauh lebih basah daripada yang di timur. Jadi anda memutuskan untuk pergi traveling ke mana?. Src: howstuffwork

0 Response to "10 Negara Beriklim Sempurna Untuk Liburan"

Post a Comment