Download LKS Geografi SMA - Geograph88

Download LKS Geografi SMA

Download LKS Geografi SMA
Salah satu cara agar siswa dapat belajar dan bekerja di kelas adalah dengan membuat Lembar Kerja atau worksheet. 

Dulu saat saya masih SMP dan SMA, LKS ini banyak dijual di sekolah dengan kertas yang buram dan tidak ada warna atau gambar. Sama sekali tidak menarik. 

Dalam psikologi belajar, anak lebih senang dan aktif jika mengerjakan pekerjaan yang di dalamnya terdapat tulisan bergambar dan berwarna. 

Saat ini memang LKS tidak lagi diperjualbelikan dan guru harus membuat sendiri. 

Ya memang harus begitu, saya pun setiap masuk kelas pasti membuat dan menyediakan LKS sebelumnya (malam atau pagi hari di kantor) sesuai indikator yang disampaikan. 

Jadi porsinya adalah 30 % guru aktif, sisanya biarkan siswa bekerja. 

Saya pernah mengikuti pelatihan teknik pembelajaran dan public speaking. Waktu itu instruktur Pak Dedi Dwitagama menyarankan agar akhiri presentasi secepat mungkin dan biarkan anak bekerja lalu mengomunikasikan. 

Memang pada prinsip student centered kita harus bisa menjadi fasilitato pembelajaran bukan?. 

Jadi lebih baik malam hari kita berdarah-darah menyiapkan dan membuat materi lalu besoknya tinggal tenang saat bekerja di kelas, bukan?. 

Daripada kita tidak peduli kelas, lalu saat masuk esoknya yang ada hanya instruksi "ya, rangkum bab sekian, nanti kumpulkan!".

Dibawah ini saya berikan contoh LKS Geografi yang saya berikan untuk siswa SMA. Bagi yang perlu silahkan download saja dan edit sendiri isinya. Saya akan updload secara bertahap. Selamat menyiapkan bahan belajar untuk siswa dan menjadi guru kreatif!.

LKS Geografi SMA Kelas X    
LKS Geografi SMA Kelas X   



close