Endapan Mineral Adalah......

Kamu tentu sering mendengar kata atau istilah "endapan" dalam pelajaran geografi. Istilah endapan atau deposit dalam geografi atau geologi memiliki arti yang luas, apalagi jika dibandingkan dengan deposito,,hhaa. Deposit dapat diartikan sebagai turunnya material di dalam air karena gravitasi, atau presipitasi dari larutan karena pengaruh reaksi kimia. Beberapa ahli geologi menyebut endapan dengan istilah cebakan karena endapan lebih berkonotasi dengan sedimentasi. Dalam konteks endapan mineral, endapan diartikan  sebagai konsentrasi mineral karena proses magmatik atau hidrotermal. Kata endapan juga punya arti materi menjadi padat, karenanya jenis minyak dan gas atau panas bumi tidak masuk dalam endapan mineral. Walau batubara punya wujud padat namun tidak masuk kategori endapan namun masuk dalam sumber daya energi. Bagaimana, sudah bingungkah anda?
Endapan Mineral Adalah......
Urat Emas dalam Batuan Kuarsa, pic:http://www.mongoland.tv/

Skinner menyebut bahwa endapan mineral atau mineral deposits  merupakan konsentrasi suatu mineral pada kulit bumi, terbentuk alamiah dan berada di wilayah terbatas. Jadi apapun jenis mineralnya dan bagaimana proses terkonsentrasinya, semuanya disebut endapan mineral. Jika mineral-mineral yang terkonsentrasi mengandung bahan atau material yang bernilai guna bagi manusia dan layak ditambang maka endapan tersebut secara khusus disebut endapan bijih/ore deposits, endapan ekonomi/economic deposits atau endapan mineral ekonomi.

Secara umum, bijih adalah suatu batuan atau kumpulan mineral yang mengandung mineral bernilai ekonomis tinggi dan dapat diekstrak. Bijih terdiri dari mineral-mineral bernilai ekonomi tinggi (biasanya mengandung logam) yang disebut mineral bijih (ore mineral, mengandung logam) serta termasuk mineral industri (industrial mineral, non logam) dan mineral yang tidak bernilai ekonomis atau disebut mineral penyerta (gangue mineral). Definisi oleh kebanyakan ahli ditekankan pada kandungan logamnya yang dapat diekstrak serta punya nilai ekonomi tinggi. Bijih yang tidak menguntungkan bila ditambang dinamakan Protore.

Sebagian besar bijih tersingkap berasosiasi dengan urat halus terutama kuarsa. Walau demikian, tidak semua urat akan mengandung bijih, tetapi hanya terkonsentrasi pada bagian-bagian yang terbatas dari urat yang dinamakan ore shoots. Urat-urat atau bagian-bagian urat yang tidak mengandung bijih disebut barren atau lean. Suatu tubuh batuan yang mengandung bijih atau ore shoots yang tersebar disebut sebagai tubuh bijih atua orebody. Kumpulan urat-urat halus yang mengandung bijih sering membentuk zona yang panjang dan tabular yang dikenal sebagai leade, lode, vein zone atau fissure zone. 

Itulah sedikit pengenalan tentang istilah endapan mineral. Jika anda ingin lebih puas lagi, silahkan kuliah di geologi atau pertambangan.

0 Response to "Endapan Mineral Adalah......"

Post a Comment