Faktor Lokasi Pemukiman - Geograph88

Faktor Lokasi Pemukiman

Faktor Lokasi Pemukiman
Pemukiman merupakan suatu fenomena yang muncul karena semakin eksisnya manusia di bumi. Lalu apa itu pemukiman atau settlement?

Pemukiman dapat diartikan sebagai hunian manusia mulai dari yang terkecil hingga dalam bentuk besar/perkotaan. 

Permukiman dapat bervariasi dalam berbagai ukuran dari yang sangat kecil hingga sangat besar. Mereka dapat sekecil satu rumah dan berkembang besar sebagai megacity, rumah bagi puluhan juta orang. 

Pemukiman bisa menjadi permanen atau sementara. Pemukiman dibangun di tempat yang berbeda untuk alasan yang berbeda.
Faktor Lokasi Pemukiman
Pemukiman di Inggris, pic:http://i.telegraph.co.uk/
Faktor Yang Memengaruhi Lokasi Pemukiman

Ada banyak pertimbangan untuk membangun sebuah pemukiman dan pada dasarnya manusia lebih senang tinggal di daerah yang datar, aman dan mudah mengolah sesuatu. Berikut ini faktor-fakotr dalam pertimbangan membangun sebuah pemukiman.

1. Ketersediaan Bahan
Ketersediaan bahan bangunan diperlukan untuk membangun rumah dan juga membangun lahan pertanian. Persediaan batu, pasir dan kayu yang cukup sangat diperlukan untuk membangun pemukiman.

2. Ketersediaan Air
Air sangat diperlukan untuk mencuci, makan, minum dan membersihkan sesuatu. Jadi lokasi pemukiman lebih enak jika dekat dengan sumber air bersih. Daerah yang kering sangat sulit untuk dibangun kecuali dengan rekayasa teknologi seperti di Dubai UEA.

3. Topografi Datar
Tanah datar sangat baik untuk menanam tanaman seperti gandum dan sayuran. Hal ini juga lebih mudah untuk membangun rumah di tanah datar dan lebih mudah untuk melakukan mobilitas di sekitar. Wilayah yang curam dan berelief kasar sangat sulit untuk dibuat lahan pertanian karena resiko yang tinggi akan longsor.

4. Keamanan
Manusia tentu ingin hidup di daerah yang aman entah itu aman dari konflik sosial maupun bencana alam. Jadi kondisi masyarakat dan keadaan alam menentukan penentuan lokasi pemukiman. 

5. Ketersediaan Kayu
Kayu sangat dibutuhkan untuk memasak dan tungku pemanas jika di wilayah subtropis. Kayu juga digunakan untuk membuat peralatan dan alat pertanian. Di Indonesia, kayu diperlukan untuk kusen rumah.

6. Transportasi
Aksesibilitas menjadi salah satu faktor penting penentuan lokasi pemukiman. Semakin dekat dengan jalan, rel, terminal, stasiun, pelabuhan, bandara maka pemukiman semakin baik dan mahal.
close