Hujan Asam itu Seperti Apa? - Geograph88

Hujan Asam itu Seperti Apa?

Hujan Asam itu Seperti Apa?
Pernahkah kalian mendengar istilah hujan asam atau acid rain?. Maksudnya asam itu air hujannya jadi asam atau bagaimana?. 

Polutan asam dapat disimpan dari atmosfer ke permukaan bumi dalam bentuk basah dan kering. Istilah umum untuk menggambarkan proses ini adalah deposisi asam. 

Hujan asam digunakan untuk secara khusus menjelaskan bentuk basah polusi asam yang dapat ditemukan dalam hujan, hujan es, salju, kabut, dan uap awan.

Asam dapat didefinisikan sebagai zat yang bila dilarutkan dalam air terdisosiasi menghasilkan ion hidrogen korosif. Keasaman zat terlarut dalam air umumnya diukur dari segi pH (didefinisikan sebagai logaritma negatif dari konsentrasi ion hidrogen). 

Menurut pengukuran ini solusi skala dengan pH kurang dari 7 dijelaskan sebagai asam, sementara pH lebih besar dari 7,0 dianggap basa. 

Curah hujan biasanya memiliki pH antara 5,0-5,6 karena reaksi atmosfer alam yang melibatkan karbon dioksida. 

Sebagai perbandingan, air suling, atau air murni lain, akan memiliki pH 7,0. Curah hujan dianggap asam jika pH-nya turun di bawah 5,6 (yang 25 kali lebih asam dari air suling murni). Beberapa situs di bagian timur Amerika Utara memiliki curah hujan dengan pH serendah 2,3 atau sekitar 1000 kali lebih asam dari kondisi alami.

Proses Hujan Asam

Endapan asam dapat terbentuk dari dua proses. Dalam beberapa kasus, asam klorida dapat keluar langsung ke atmosfer. 

Secara umum hujan asam terbentuk karena polutan sekunder yang terbentuk dari oksidasi nitrogen oksida (NOx) atau sulfur dioksida (SO2) gas yang dilepaskan ke atmosfer. 

Reaksi pada permukaan bumi atau di atmosfer dapat mengkonversi polutan tersebut menjadi asam nitrat atau asam sulfat. 

Proses mengubah gas ini ke rekan-rekan asam mereka dapat memakan waktu beberapa hari, dan selama ini polutan ini dapat diangkut ratusan kilometer dari sumber aslinya. 

Pembentukan curah hujan asam juga dapat terjadi di permukaan bumi ketika oksida nitrogen dan sulfur dioksida mengendap di permukaan bumi dan berinteraksi dengan embun atau es.

Hujan Asam itu Seperti Apa?
Proses Hujan Asam, pic:http://www.physicalgeography.net/

Emisi sulfur dioksida bertanggung jawab atas 60-70% dari pengendapan asam yang terjadi secara global. Lebih dari 90% dari sulfur di atmosfer berasal dari manusia. Sumber utama dari sulfur meliputi:

- Pembakaran batubara
- Peleburan bijih logam sulfida untuk mendapatkan logam murni
- Erupsi gunung api
- Pembusukan bahan organik

Setelah dilepaskan ke atmosfer, sulfur dioksida dapat disimpan di permukaan bumi dalam bentuk deposisi kering atau dapat menjalani reaksi berikut untuk menghasilkan asam yang dimasukkan ke dalam produk depositi basah:

SO2 + H2O »» »H2SO3
H2SO3 + 1 / 2O2 »» »H2SO4

Beberapa 95% dari peningkatan kadar nitrogen oksida di atmosfer adalah hasil dari aktivitas manusia. Sisanya 5% berasal dari beberapa proses alami. Sumber utama nitrogen oksida meliputi:

Pembakaran minyak, batubara, dan gas.
aksi bakteri di dalam tanah.
Kebakaran hutan.
tindakan vulkanik.
Petir.
Asam bentuk nitrogen sebagai akibat dari reaksi kimia atmosfer berikut:

NO + 1 / 2O2 »» »NO2
2NO2 + H2O »» »HNO2 + HNO3
NO2 + OH »» »HNO3

Dampak Hujan Asam

Hujan Asam mempengaruhi lingkungan dalam berbagai cara. Dalam sistem perairan, Hujan ini dapat mempengaruhi ekosistem dengan menurunkan pH. Namun, tidak semua sistem perairan dapat terjadi hal seperti itu. 

Sungai, kolam, atau danau yang ada di batuan dasar atau sedimen kaya akan kalsium atau magnesium secara alami aman dari efek deposisi asam. 

Sistem perairan di batuan dasar netral atau asam biasanya sangat sensitif terhadap hujan asam karena mereka tidak memiliki senyawa dasar yang penyangga pengasaman. 

Salah satu efek yang paling jelas dari pengasaman air adalah penurunan jumlah ikan. Awalnya, diyakini bahwa ikan mati karena meningkatnya keasaman air. 

Namun, pada 1970-an para ilmuwan menemukan bahwa danau asam juga mengandung konsentrasi tinggi dari logam berat beracun seperti merkuri, aluminium, dan kadmium. Sumber logam berat adalah tanah dan batuan yang mengelilingi badan air. 

Biasanya, bahan kimia ini ditemukan terkunci dalam partikel tanah liat, mineral, dan batu. Namun, pengasaman tanah darat dan batuan dasar dapat menyebabkan logam ini menjadi larut.

Setelah larut, ini logam beracun yang mudah tercuci oleh infiltrasi air ke sistem perairan di mana mereka terakumulasi membentuk racun.

Hujan asam dapat memengaruhi produktifitas pertanian dan konstruksi manusia. 

Cat kendaraan motor dapat mudah memudar karena hujan asam ini dan besi juga dapat cepat berkarat dan melapuk. 
close