Mau Jadi Blogger atau Vlogger?

Perkembangan dunia telekomunikasi dan informasi saat ini sangat berdampak sekali pada kehidupan manusia. Jika dulu profesi hanya berkutat hanya pada dunia nyata, namun kini manusia dapat menjalani profesi di dunia maya. Dulu mungkin penulis hanya dapat menulis dan mendapatkan keuntungan dari menerbitkan buku namun saat ini berbeda sekali. Orang bisa dengan mudah mempublish tulisannya di berbagai media sosial. 

Ada dua profesi baru yang kini banyak digeluti oleh kaum pecandu media sosial yaitu blogger dan vlogger. Lalu apa sih bedanya blogger atau vlogger. Blogger pada dasarnya adalah seseorang yang suka nulis di blog pribadinya sedangkan vlogger adalah seseorang yang suka menyajikan video di blog atau channel pribadinya.
Mau Jadi Blogger atau Vlogger?
Bedda Blogger dan Vlogger, pic:https://cdn.isaumya.com/
Blog merupakan media sosial yang lebih dahulu muncul yaitu sekitar tahun 2005 an sedangkan vlogger mulai booming di tahun 2014an dengan semakin kencangnya koneksi internet. Ada banyak pertimbangan orang menjadi blooger atau vlogger. Mulai sekedar curhat, iseng sampai mencari duit alias profesi. Susahnya mencari kerja di dunia nyata menjadikan blog sebagai alternatif dalam mencari uang dalam berbagai cara entah itu jualan produk, main adsense, cpm, atau afiliasi. Sudah banyak blogger nusantara yang sukses meraup rupiah dari bisnis ini, anda bisa cari sendiri di google. Kalau vlogger, lihat saja contoh video Awkarin yang heboh beberapa bulan silam. Dengan membuat video viral (tapi kontroversial) ia mampu meraup uang yang banyak. Saran saya sih lebih baik buat blog atau vlog berkonten positif agar masyarakat dapat menerimanya dan tidak menimbulkan kehebohan di mana-mana. Selain itu image kita juga akan baik di mata pengunjung. 

Blogger ataupun vlogger sebenarnya dapat dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan jika anda tahu ilmunya. Sebenarnya prinsipnya adalah kita berbagai sesuatu yang bermanfaat bagi orang. Jika sesuatu/produk/tulisan/video itu bermanfaat tentu orang akan menshare yang ke banyak teman dan nanti akan ada kunjungan balik dan trafik akan tinggi. Trafik tinggi maka potensi menjaring uang pun akan semakin besar. Jadi jika anda ingin menjadi blogger atau vlogger sukses maka anda harus membuat konten yang bagus dan menarik minat orang untuk mencarinya. Dunia telekomunikasi yang terus berkembang menjadikan blogger dan vlogger menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Jadi, sudah siap jadi blogger atau vlogger?. 

0 Response to "Mau Jadi Blogger atau Vlogger?"

Post a Comment