Penyebab Baby Boom Indonesia 1950

Saat ini jumlah penduduk Indonesia meningkat tajam dan berada di angka 250 jutaan. Tapi tahukah kamu bahwa sejak kapan pertumbuhan penduduk Indonesia melonjak tajam?.  Sebenarnya sebelum era kemerdekaan, jumlah penduduk Indonesia masih kategori jarang. Pertambahan penduduk mulai tidak terkendali sejak adanya fenomena Baby Boom pada tahun 1950an. Mengapa Baby Boom terjadi di Indonesia pada tahun 1950an?. Berikut ini analisa sejarahnya:

Pada tahun 1950an, Indonesia baru saja mengawali era kemerdekaannya. Negara pada masa itu hanya fokus pada usaha memertahankan kemerdekannya sehingga masalah kependudukan masih belum menjadi fokus utama program pemerintah. Keadaan politik yang masih belum stabil ditambah masih adanya invasi militer membuat negara tidak terlalu memikirkan masalah penduduk. 
Penyebab Baby Boom Indonesia 1950
Piramida Penduduk Indonesia 2016, pic: populationpyramid
Pada masa ini, ideologi masyarakat juga masih tradisional yaitu menganggap bahwa banyak anak banyak rezeki. Oleh karenanya banyak keluarga yang masih belum mapan secara ekonomi memiliki anak yang banyak.

Pada awal kemerdekaan ini jumlah penduduk Indonesia masih jarang dan tidak nampak adanya kepadatan penduduk yang tinggi. Lahan-lahan masih luas dan terhampar.

Laju pertambahan penduduk tersebut ternyata masih berlangsung sampai sekarang tetapi hanya diperkecil beberapa persen saja yaitu menjadi 1,5 %-2% per tahun. Pertambahan penduduk Indonesia yang tinggi terlihat pada tahun-tahun berikut :tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa, pada tahun 1980 menjadi 146,9 juta jiwa, pada tahun 1990 menjadi 178,6 juta jiwa, tahun 2000 sebesar 203,5 juta jiwa, dan pada tahun 2005 sudah menjadi lebih dari 230 juta jiwa. Selain itu, program KB belum sepenuhnya berhasil. Program KB berhasil di beberapa tempat tetapi di tempat lain KB belum terlaksana dengan baik seperti didaerah pedesaan yang jauh dari lingkungan kota dan desa yang berada di daerah pedalaman.

0 Response to "Penyebab Baby Boom Indonesia 1950"

Post a Comment