Perbedaan Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari

Coba kamu pergi keluar pagi hari dan pastinya kamu akan melihat matahari berada di ufuk timur kala terbit, lalu coba pergi ke luar siang hari maka kamu akan melihat matahari berada di atas kepala kamu dan pada sore hari maka kamu akan melihat matahari berada di ufuk barat untuk kembali menghilang dan sampailah kita di malam hari. Lalu apa maksud fenomena tersebut?. Itu adalah gerak semu harian matahari. Di bumi ini dikenal istilah gerak semu harian dan gerak semu tahunan matahari. Apa perbedaan kedua istilah tersebut dan mengapa bisa terjadi demikian?. 

Ada dua mekanisme yang menyebabkan terjadinya dua fenomena tadi yaitu rotasi dan revolusi bumi. Bumi adalah sebuah planet di tata surya dan melakukan dua pergerakan yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah gerak berputar bumi pada porosnya. Sumbu poros bumi adalah miring 66,6 derajat terhadap bidang ekliptika atau lintasan edar bumi atau 23,5 terhadap kutub langit. Rotasi bergerak dari timur ke barat dengan kecepatan 28.000 km per jam. Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya beberapa fenomena seperti berikut:

1. Gerak semu harian matahari
2. Pergantian waktu siang malam
3. Perbedaan zona waktu
4. Adanya efek Corriolis
Perbedaan Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari
Gerak Semu Harian Matahari, pic:scanigaspenasa.blogspot.com
Revolusi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari sambil berotasi. Satu kali bumi mengelilingi matahari dinamakan satu periode atau satu tahun (kalender Masehi). Revolusi bumi mengakibatkan beberapa fenomena berikut yaitu:

1. Gerak semu tahunan matahari
2. Perbedaan lama siang malam
3. Adanya pergantian musim
4. Adanya perubahan rasi bintang

Pada postingan ini saya hanya akan fokus dulu di gerak semu harian dan tahunan matahari. Jadi gerak semu harian matahari adalah gerakan matahari dari mulai terbit hingga terbenam selama satu hari. Kenapa dinamakan "semu" karena seolah-olah matahari yang bergerak padahal pada kenyataannya bumi lah yang bergerak (berotasi). Sedangkan gerak semu tahunan matahari adalah gerak peredaran matahari selama satu tahun. Pergerakan matahari dalam satu tahun ini berubah-ubah karena sudut rotasi bumi yang miring. Gerak semu tahunan matahari dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Perbedaan Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari
Gerak Semu Tahunan Matahari, pic:alasan-kenapa.blogspot.com

0 Response to "Perbedaan Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari"

Post a Comment