Perbedaan Komet dan Asteroid - Geograph88

Perbedaan Komet dan Asteroid

Perbedaan Komet dan Asteroid
Dalam dunia astronomi tentu kamu akan mendengar istilah komet, asteroid, meteor dan meteorit, bukan?. 

Memang semuanya itu beda ya?. Kali ini saya akan bahas dulu perbedaan antara komet dan asteroid, sisanya nanti nyusul. 

Dua hal utama yang membedakan komet dan asteroid yaitu: orbit dan komposisi kimia. Komet punya orbit eksentrik sehingga jarak mereka dari matahari sangat bervariasi. 

Inti komet tersusun atas bahan yang mudah menguap. Ketika komet menjauh dari matahari, bahan ini akan tetap ada tapi ketika mendekat matahari, radiasi matahari dan angin matahari akan menyebabkan komet kehilangan beberapa senyawa volatil di permukaannya. 

Senyawa yang lepas tadi disebut coma berwujud samar tipis di atmosfer. Itulah yang membedakannya dengan asteroid.
Perbedaan Komet dan Asteroid
Ilustrasi asteroid, pic:http://www.universetoday.com/

Pada tahun 2006 istilah terpadu diciptakan yang meliputi baik komet dan asteroid: "Small Solar System Body". Untuk melihat perbandingan komet dan asteroid, lihat penjelasan berikut:

Orbit
Asteorid: secara umum elips, jarak ke matahari tidak terlalu jauh
Komet: eksentrik, jarak ke matahari relatif jauh

Nomenclatur
Asteroid: dinamai oleh penemunya
Komet: dinamai sesuai nama penemunya

Komposisi
Asteorid: tersusun atas batu dan besi
Komet: tersusun atas es, hidrokarbon dan batu

Atmosfer
Asteroid: tidak menghasilkan coma
Komet: menghasilkan partikel berupa ekor coma saat mendekati matahari

Periode Orbit
Asteroid: 1-1000 tahun
Komet: 75-100.000 tahun lebih

Diameter
Asteroid: 1-100 km
Komet: 1-10 km (inti)

Perbedaan Komet dan Asteroid
Komet, pic:http://static.diffen.com/
Asteroid dinamai dari penemunya dan komet diberi nama untuk penemu mereka. Misalnya, astronom Italia Giuseppe Piazzi menemukan asteroid pertama dan menamakannya Ceres. 

Komet yang ditemukan oleh Edmund Halley, diamati dari 1531, 1607, dan 1682 adalah komet yang samaa dan berhasil memprediksi kembali pada 1759, disebut Komet Halley (atau Comet Halley).

Asteroid diberikan nama dan nomor karena ada begitu banyak dari mereka. Mereka diberi nomor berurutan. Asteroid pertama, ditemukan oleh astronom Giuseppe Piazzi di Italia, bernama Ceres dan diberi nomor 1. 

Pada tahun 2009, sekitar 450.000 asteroid telah ditemukan dan 200.000 dari mereka telah bernomor. Ketika asteroid baru ditemukan, elemen orbitnya dihitung dan kemudian diberi nomor. penemu kemudian memiliki hak untuk memberi nama asteroid. Bagaimana? mau coba cari asteroid baru?

Ketika komet ditemukan oleh beberapa orang secara bersamaan, mereka diberi sebutan impersonal. Ketika mereka ditemukan oleh instrumen dan bukan manusia, nama instrumen yang digunakan seolah-olah nama seseorang. 

Nama resmi dari komet non-periodik dimulai dengan "C"; komet yang telah hilang atau menghilang memiliki nama yang dimulai dengan "D". nama komet periodik 'dimulai dengan "P" dan "X" menunjukkan sebuah komet yang mengorbit tidak dapat dihitung atau diprediksi kehadirannya kembali. Itulah perbedaan antara komet dan asteroid, semoga membantu.
close