Piramida Penduduk Indonesia 2016

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi penduduk terbesar di dunia. Saat ini penduduk Indonesia berjumlah kurang lebih 250 juta dan menempati peringkat empat setelah Cina, India dan Amerika Serikat. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang cepat membuat kota-kota besar di Indonesia kini semakin padat tak terkendali.

Pertumbuhan penduduk Indonesia mulai meningkat tajam sejak era Baby Boom tahu 1950. Baca juga: Penyebab Baby Boom 1950. Pertumbuhan penduduk menembus angka 2% per tahun saat ini dan hingga kini hanya bisa ditekan hingga angka 1 persen saja dan itu masih tergolong tinggi. Pemerintah saat ini mengeluarkan istilah Bonus Demografi dinama dalam 30 tahun ke depan penduduk Indonesia akan didominasi oleh penduduk usia produktif. Namun bonus demografi dapat menjadi bencana jika tidak dikelola dengan baik.  Baca Juga: Bonus atau Bencana Demografi?

Jika dibuatkan piramida penduduk, maka bentuk piramida penduduk Indonesia saat ini masih dalam tipe ekspansi atau piramida penduduk muda. Piramida penduduk yang seimbang adalah tipe stasioner yang menggambarkan jumlah penduduk usia produktif dan non produktif yang relatif sama. Hingga saat ini Indonesia masih berusaha untuk menekan angka kelahiran hingga menembus 0 persen. Bagi yang belum tahun struktur pidamida penduduk Indonesia tahun 2016, ini grafiknya di bawah. Sumber: populationpyramid
Piramida Penduduk Indonesia 2016
Piramida Penduduk Indonesia 2016

0 Response to "Piramida Penduduk Indonesia 2016"

Post a Comment