Profil Negara Perancis

Siapa yang tidak kenal Perancis, salah satu pusat mode dunia dan kota-kota romantis ada di sini. Perancis adalah negara dengan luas wilayah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia dan peringkat kelima dalam hal jumlah populasi penduduk. Berikut data singkat Perancis

Ibukota : Paris
Populasi : 5,5 juta jiwa
Luas wilayah : 212, 935 km persegi
Kota utama : Paris, Marseille, Lille, Bordeaux

Profil Negara Perancis
Peta Geografi Perancis, pic: https://www.britannica.com/
Batas Geografis
Utara  : Belgia, Luxemburg, Jerman
Timur : Swiss, Italia, Laut Mediterania
Selatan : Spanyol, Andorra,
Barat : Samudera Atlantik, Selat Dover

Secara sejarah dan budaya, Perancis memainkan peranan penting di Eropa Barat dan juga memiliki peranan di dunia internasional dengan jumlah koloni yang cukup banyak di berbagai benua. Dengan kondisi geografis yang strategis dan baik, Perancis menjadi produsen pertanian terkemuka di Eropa dan dunia serta menjadi salah satu kekuatan industri dunia.

Landmark Geografi

Dua pertiga dari wilayah Perancis adalah pegunungan dan perbukitan, dengan Alpen, Pyrenees dan Vosges membentang. Mont Blanc di Pegunungan Alpen adalah gunung tertinggi di Eropa.

Pantai Mediterania termasuk daerah wisata populer, di Riviera Perancis yang panas, musim panas yang kering dan musim dingin ringan membuatnya menjadi pantai yang populer.
Profil Negara Perancis
Kebun anggur cantik di pedesaan Perancis, pic: timesofmalta

Menara Eiffel adalah salah satu landmark nasional Perancis. Dengan tinggi 1050 kaki, Eiffel menjadi salah satu struktur yang paling dikenal di dunia. Katedral Notre Dame dibangun pada 1163. Ini adalah gereja terbesar di Perancis. Katedral tersebut diakuui dunia dalam buku populer "The Hunchback of Notre Dame" oleh Victor Hugo. Buku itu juga dibuat menjadi film yang sukses.

Titik-Titik Penting

Paris adalah salah satu kota yang paling indah di dunia, dan daerah wisata populer. Paris didirikan oleh, dan dinamai oleh suku Celtic, Parisii. Paris adalah pusat budaya datu mode utama di Eropa dan dunia.

Louvre adalah salah satu yang paling dikenal, dengan galeri seni terbaik di dunia. Tempat ini berisi banyak seni paling terkenal di dunia, termasuk Mona Lisa.
Arc de TriompheThe Arc de Triomphe adalah salah satu ikon Paris lainnya. Gerbang ini adalah titik masuk ke Champs Elysees.

Kegiatan Industri

Secara historis, pertanian adalah salah satu industri utama Perancis. Prancis masih menjadi produsen utama anggur kelas dunia.

Industri kini semakin pesat di negara ini. Prancis memproduksi mobil, produk kedirgantaraan, dan barang-barang manufaktur lainnya. Negara Zinedine Zidane ini juga merupakan produsen utama produk kimia. Fashion, tekstil dan pariwisata juga memainkan peran penting dalam ekonomi Perancis.


Profil Negara Perancis
Menara Eiffel di Malam Hari, pic:http://hbu.h-cdn.co/a
Sejarah Negara

Awal mula penduduk Perancis adalah kaum Celtic pada masa1000 SM. Kemudian orang-orang Romawi mengambil alih daerah di 58 SM. Pada 486 M, suku Jermanik disebut "Frank"  menyerbu daerahini . Prancis mendapat namanya dari Frank.
Pada abad ke-17 dan ke-18 Prancis diperintah oleh monarki kerajaan (Louis). penjelajah Perancis menemukan banyak bagian dunia, dan mendirikan koloni Perancis di seluruh dunia.

Pada awal abad ke-19, Napoleon Bonaparte menaklukkan sebagian besar Eropa dan membuktikan dirinya sebagai Kaisar. Dia akhirnya dikalahkan pada Pertempuran Waterloo pada tahun 1815. Pada tahun 1789, Revolusi Perancis berhasil menggulingkan monarki. Hal ini menyebabkan pembentukan Majelis Nasional, dan memilih pemerintahan.

Penduduk dan Budaya

Penduduk Perancis memiliki asal-usul yang sangat beragam. Banyak orang telah menetap di Perancis termasuk bangsa Celtic, Romawi, Jerman, Rusia, Asia, Afrika dan Amerika Utara. Populasi cenderung bervariasi menurut wilayah.
Secara historis, Prancis didominasi masyarakat pedesaan. Hari ini sekitar 75% dari orang tinggal diperkotaan.

Seni dan budaya merupakan bagian penting dari Perancis. Banyak seniman terkenal, seperti Renoir dan Monet, berasal dari Perancis. Beberapa penulis terkenal, termasuk Victor Hugo yang menulis Le Miserables dan Bongkok dari Notre Dame, berasal dari Perancis. Olahraga juga populer, dengan Sepakbola menjadi olahraga utama. Pesepakbola handal banyak muncul dari negara ini seperti Zidane, Platini, Cantona hingga Pogba. Perancis juga terkenal dengan "Tour de France,"  balap sepeda sepanjang 2500 mil.

Iklim dan Cuaca

Prancis terletak di pertengahan jalan antara khatulistiwa dan Kutub Utara. Hal ini menyebabkan negeri ini memiliki iklim sedang. Sebagian besar wilayah ada yang sangat panas atau dingin. Sepanjang pantai Mediterania, cuaca hangat saat Gulf Stream menyediakan udara hangat untuk musim dingin ringan dan musim panas yang kering. daerah pegunungan cenderung lebih dingin, dengan hujan yang cukup dan salju.

0 Response to "Profil Negara Perancis"

Post a Comment