Soal UN Geografi SMA Tahun 2016 - Geograph88

Soal UN Geografi SMA Tahun 2016

Soal UN Geografi SMA Tahun 2016
Dalam beberapa bulan ke depan, Ujian Nasional akan bergulir dan tentunya semua guru dan siswa tengah bersiap-siap untuk menghadapinya. 

Dalam Ujian Nasional, semua kompetensi dasar dimasukan dalam butir soal dan tentunya siswa dituntut untuk merefresh lagi memorinya dari kelas X, XI hingga XII. 

Sebenarnya pola soal UN Geografi untuk SMA/MA tidak berubah dari tahun ke tahun, hanya mungkin redaksi atau contoh fenomenanya saja yang diganti. 

Wawasan siswa harus lebih diperdalam dengan banyak membaca dan berlatih soal. 

Saya punya scan soal UN Geografi SMA tahun 2016 lalu dari teman saya di MGMP Geografi, Bu Surti (terimakasih telah berbagi) Silahkan didownload saja di bawah ini.


Selanjutnya berikut saya petakan jenis tipe soal UN Geografi SMA menurut Kompetensi Dasarnya dan teknik menjawabnya.
1. Konsep Geografi
- Siswa dituntut untuk bisa mengidentifikasi kata kunci dalam sebuah paragraf yang mengandung 10 konsep geografi IGI, prinsip, pendekatan dan aspek geografi. 

Berlatihlah membuat kalimat yang menyatakan setiap konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi menurut IGI. Baca juga: Soal Latihan UN Konsep Geografi

2. Perkembangan Bumi
- Siswa harus bisa memahami teori terbentuknya jagat raya, tata surya, teori pergerakan lempeng dan bukti-buktinya. Bacalah teori-teori tentang pembentukan alam semesta, tata surya dan planet. 

Siswa juga harus bisa mengidentifikasi peta pergerakan benua berdasarkan teori continental drift, bukti-bukti pergerakan tersebut dan 3 tipe gerakan lempeng tektonik. Baca juga: Soal Latihan UN Materi Hidrosfer

3. Litosfer
- Siswa harus bisa mengidentifikasi terutama siklus batuan dan jenis-jenis batuan. Selain itu aktifitas vulkanisme dan tektonisme juga wajib dipahami beserta peta penyebaran gunung api. Dalam materi ini juga disisipkan mitigasi bencana geologi.

Kamu harus membaca upaya-upaya penyelamatan diri dari bahaya bencana geologi. Selain itu kamu harus melihat peta sebaran jenis tanah di Indonesia dan faktor pembentukannya.

4. Atmosfer
- Siswa harus bisa memahami karakteristik atmosfer baik itu lapisannya, unsur cuaca iklim dan ciri-ciri iklim menurut klasifikasi tertentu. Biasanya juga muncul tentang awan, atau peta monsun Indonesia. Baca juga: Soal Latihan UN Kependudukan

5. Hidrosfer
- Siswa harus bisa memahami siklus air, pola aliran sungai dan arus laut di dunia. Pelajarilah istilah-istilah yang terdapat di bab ini.

6. Biosfer
- Siswa harus bisa menjelaskan tentang peta penyebaran flora fauna di Indonesia, dunia dan bioma. Cobalah sering baca contoh hewan-hewan khas/endemik di setiap zona. Sering juga muncul peta sebaran tutupan hutan Indonesia dari barat ke timur.

7. Kependudukan
- Siswa harus bisa memahami tentang faktor-faktor dinamika penduduk dan contoh fenomenanya. Kamu juga harus memahami dampak dari fenomena kependudukan seperti migrasi, bonus demografi, atau ledakan penduduk bagi kehidupan. Piramida penduduk juga muncul di soal tahun lalu.

8. Sumber Daya Alam
- Siswa harus bisa mengidentifikasi peta sebaran bahan galian di setiap pulau di Indonesia. Lihatlah kembali peta sebaran tambang di Indonesia.

9. Lingkungan Hidup
-  Siswa harus memahami tentang konsep pembangunan berkelanjutan dan contoh kegiatannya di lapangan. 

10. Peta dan Pemetaan
- Siswa harus bisa menyimpulkan sebuah fenomena dari beberapa peta tematik. Berlatihlah menganalisa peta tersebut di kelas. Pemahaman tentang skala peta juga sering muncul (memperbesar/memperkecil peta). Sering muncul juga menghitung titik pada peta topografi. Berlatihlah kembali tentang garis kontur.

11. Industri
- Siswa harus bisa menganalisa faktor lokasi industri pada sebuah peta.

12. Inderaja
- Siswa diminta untuk menyimpulkan sebuah fenomena dari beberapa unsur spasial yang muncul di soal. Selain itu pemanfaatan inderaja di berbagai bidang juga sering muncul.

13. SIG
- Siswa harus memahami kunggulan dan kelemahan SIG beserta pemanfaatannya di kehidupan. Perangkat-perangkat SIG juga harus dipahami.

14. Desa Kota
- Siswa harus mampu memahami pola interaksi desa kota dan dampaknya. Selain itu karakteristik perkembangan desa juga sering muncul. Pola keruangan kota Sektoral, Hoyt juga bisa muncul. Berlatihlah kembali menggunakan teori titik henti.

15. Pewilayahan
- Siswa harus mampu memahami tentang konsep pusat pertumbuhan dan faktor-faktorya. Pola pengembangan wilayah juga harus dipelajari dengan baik. Penyebaran pusat pertumbuhan di Indonesia juga harus dipahami dengan baik.

16. Negara
- Siswa harus bisa mengidentifikasi penyebaran negara maju dan berkembang di dunia. Selain itu karakteristiknya juga harus dipahami dengan baik. Berlatihlah dengan bantuan peta untuk melihat lokasi negara-negara di dunia.


Baca juga:


close