Syarat Peta Yang Baik

Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bentuk datar dan diperkecil dengan skala tertentu. Saat ini, penggunaan peta sudah sangat masif dan tidak ada manusia yang tidak membutuhkan peta. Semua aplikasi ponsel smartphone pasti disuntik dengan peta digital. Itulah mengapa peta sebagai alat bantu utama ilmu geografi menjadi sebuah kebutuhan di era modern saat ini. Tapi tahukan kamu bahwa membuat peta itu tidak boleh asal-asalan lho!. Ada syarat yang harus dipenuhi agar peta tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan dibaca oleh penggunanya. Berikut adalah syarat-syarat sebuah peta yang baik:
Syarat Peta Yang Baik
Peta Amerika Selatan, pic:http://www.progonos.com/
1. Conform
Artinya bentuk di peta harus sama dengan bentuk di kenyataan sebenarnya. Misalnya adalah seperti ini, jika di kenyataan pulau Sulawesi itu bentuknya menyerupai huruf K maka ketika digambarka pada peta maka bentuknya pun harus sama. Kalaupun ada distorsi harus diminimalisir sekecil mungkin. Jangan sampai nantinya pulau Sulawesi berubah menjadi seperti huruf S misalnya.
2. Equidistant
Artinya jarak di peta harus sama dengan jarak di lapangan setelah dikalikan skala. Contohnya seperti ini, jika jarak Bandung -Jakarta pada kenyataannya adalah 300 km maka ketika dipetakan, jarak antar kedua peta tersebut harus sama ketika diukur dengan skala. Tidak boleh nantinya jarak kedua kota tersebut menjadi 500 km misalnya, terlalu besar distorsinya.
3. Equivalent
Artinya luas di peta harus sama dengan luas sebenarnya. Contohnya jika luas pulau Papua di kenyataan adalah 1.000 km persegi maka di peta juga ukuran luasnya harus sama dan tidak terlalu jauh berbeda saat dikalikan skala.

Memang tidak semua unsur di atas dapat terpenuhi pada sebuah peta. Ada peta yang hanya fokus di conform dan ekuidistant ada pula yang hanya fokus di conform saja. Semua karena tergantung pada proyeksi peta masing-masing. Untuk mengetahui jenis proyeksi peta simak ulasannya di artikel berikut: Baca: Jenis-Jenis Proyeksi Peta

0 Response to "Syarat Peta Yang Baik"

Post a Comment