Tips Membuat Kolam Asri di Depan Rumah - Geograph88

Tips Membuat Kolam Asri di Depan Rumah

Tips Membuat Kolam Asri di Depan Rumah
Apakah anda punya halaman di depan rumah?. Jika punya, maka bersyukurlah karena anda memiliki ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk relaksasi. 

Rumah tanpa halaman identik dengan tingkat stress yang tinggi dan memengaruhi kejiwaan pemiliknya. 

Jika memungkinkan maka rumah yang anda huni sebaiknya selalu tampil memukau. 

Tak perlu budget yang terlalu mahal, dengan menjaga kebersihan dan menambah sedikit ornamen saja sudah dapat membuat halaman rumah menjadi cantik. Baca juga: Tips Membuat Kebun Vertikal
Tips Membuat Kolam Asri di Depan Rumah
Kolam Minimalis di Rumah, pic:desainrumahnya.com
Kolam ikan di depan rumah dapat menjadi pilihan alternatif yang bisa mempercantik sekaligus menghadirkan nuansa sejuk dan menenteramkan jiwa. 

Akan tetapi kolam yang hanya dipenuhi batukali, ikan koi apalagi jika bentuknya persegi (kaku) akan terasa dingin dan tidak memancarkan energi yang baik. 

Oleh karenanya kolam sebaiknya dihias secara alami agar terlihat elegan dan asri. Beberapa jenis tanaman air dan gulma dapat dipakai untuk menghias kolam dan biayanya juga tidak terlalu menguras kocek anda. 

Teratai menjadi bunga yang paling banyak dipilih untuk ditempatkan diatas kolam. Apalagi bunga ini juga memiliki pilihan warna yang bermacam macam selain putih. 

Jika anda gemar bermeditasi, teratai yang tumbuh di permukaan air dapat menjadi lambang kebaikan. 

Selain bunganya indah, daunnya  juga melandai di permukaan air, berfungsi menyaring panas matahari dan menjaga tingkat keasaman air kolam.

Selain itu akar teratai juga bermanfaat untuk makanan ikan. Dinding kolam sebaiknya dibangun dari batukali. 

Dibandingkan batu bata yang dibalut semen, batu kali lebih menghadirkan kesan yang natural dan dapat menekan laju pertumbuhan lumut. Bila lahan yang ada terbatas, kolam bisa dibuat persegi dengan satu dua teratai di atasnya.

Bebatuan yang ukuranya lebih kecil dapat disebarkan di dasar kolam untuk menambah estetika. 

Namun jangan menggunakan bebatuan yang dicat karena bahan kimianya akan meracuni ikan. Penjual ikan hias banyak yang menyediakan bebatuan kecil berwarna-warni dari laut.

Di sekitar kolam sebaiknya ditanami rumput hias untuk menambah keasrian lingkungan sekitar. 

Perhatikan juga peletakan peralatan kolam seperti saluran udara, pompa dan filter. Tatalah dengan rapi dan tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau dan dibersihkan. 

Bila kolam sudah memiliki komposisi nuansa hijau dan putih dari teratai, hitam dari batu kali maka perlu nuansa warna merah dan kuning dari ikan hias seperti Koi. Baca juga: Rumah Minimalis ala Jepang
close