Irigasi Sprinkler, Keuntungan dan Kerugiannya

Guys, sistem irigasi pertanian saat ini sudah berkembang pesat. Sistem irigasi paling kuno adalah irigasi permukaan dan saat ini masih digunakan. Baca juga: Jenis-Jenis Irigasi Pertanian. Irigasi sprikler adalah salah satu irigasi pertanian paling modern saat ini. Sprinkler or spray irrigation ialah suatu model pemberian air ke seluruh permukaan lahan yang akan diirigasi dengan bantuan pipa bertekanan melalui nozzle. Sistem ini dapat diklasifikasikan menjadi sistem permanen, portable/semi portable, traveling irrigator, center pivot atau linear move.

Irigasi sprinkler merupakan suatu metode irigasi yang fleksibel dimana selain dapat digunakan untuk menyiram tanaman, juga dapat digunakan untuk pemupukan dan pengobatan serta menjaga kelembaban tanah dan mengontrol kondisi iklim sesuai dengan kondisi tanaman. Lalu apa kelebihan dan kekurangan irigasi sprinkler?.
Irigasi Sprinkler, Keuntungan dan Kerugiannya
Irigasi Sprikler,pic;http://civildigital.com/

Keuntungan
Sistem irigasi sprinkler cocok untuk semua jenis tanah bila application rate nya sesuai dengan kapasitas infiltrasi tanahnya. Hal ini termasuk juga  pada lahan marginal yang punya kapasitas infiltrasi rendah.
- dapat mengontrol tingkat pemberian air pada tanaman sehingga dapat mengurangi pertumbuhan tanaman yang vegetatif dan memperbesar peluang tanaman untuk tumbuh secara generatif dimana akan meningkatkan produktifitas panen.
- desain dapat dirancang secara fleksibel sesuai dengan jenis tanaman, tenaga kerja yang tersedia dan penghematan energi.
- dapat dilakukan fertigation atau pemberian nutrisi tanaman melalui sistem irigasi.
- dapat mengontrol iklim mikro tanaman.
- dapat menjaga tanah tetap lembut agar cocok untuk penyemaian (seeding).
- mempercepat perkecambahan dan prediksi panen.

Kerugian
- memerluakan biaya investasi tinggi.
- keseragaman distribusi air dapat menurun seiring berjalannya waktu.
- angin memengaruhi distribusi air.
- dapat mengakibatkan kanopi tanaman lembab dan mendatangkan penyakit.
- dapat merusak tanaman muda saat penyiraman.

Itulah kelebihan dan kekurangan irigasi sprinkler, namun tentunya dengan teknologi, kekurangan irigasi ini bisa dimimalisir.

0 Response to "Irigasi Sprinkler, Keuntungan dan Kerugiannya"

Post a Comment