Apa itu Komet atau Bintang Berekor (Meteor)

Komet mempunyai bentuk peredaran yang.berbeda dengan planet-planet pada umumnya.Bentuk peredaran komet lebih ellips. Dengan demikian harga excentrisitas ellipsnya lebih besar daripada harga excentrisitas ellips planet pada umumnya.
Komet terdiri atas kepala dan ekor. Ekor komet sangat pan-jang bisa mencapai berjuta-juta km. Bahkan, ada komet yang panjang ekomya mencapai 100 juta km.

Kepala komet terdiri atas bagian inti dan lapisan luar inti yang terdiri dari kabut dan gas yang membeku, yang disebut koma.
Apa itu Komet atau Bintang Berekor (Meteor)
Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, sebab didorong oleh energi matahari. Jadi bila komet bergerak menjauhi mata­hari, maka ekornya ada di depan. Komet akan nampak jelas dari bumi apabila mendekati titik peri helium.
Nama komet disesuaikan dengan nama orang yang menemukannya. Komet Halley diketemukan oleh Edmund Halley pada tahun 1705. Komet Kohoutek diketemukan oleh Kohoutek, pada tahun 1973. Komet West dftemukan pada tahun 1986. Ada satu komet lagi, bemama Biela, yang tak pemah muncul lagi sejak pemunculannya yang terakhir pada tahun 1852.
Waktu edar komet berbeda-beda. Ada komet yang nampak setiap 5 tahun sekali. Ada yang setiap 6,6 tahun. Ada pula yang setelah 76 tahun barn kelihatan kembali. Komet Biela waktu edarnya 6,6 tahun sekali. Pada tahun 184& komet ini pecah menjadi dua bagian, ketika sedang mendekati titik perihelium dan mata­hari. Tahun 1852 muncul kembali dengan jarak satu sama lain oikupjauh, yaitu sekitar 2,5 juta km. Dan pemunculan tahun 1852 itu merupakan pemunculan terakhir untuk komet Biela.

Komet yang mempunyai waktu edar 76 tahun sekali adalah komet Halley. Komet ini merupakan ko­met yang paling menarik perhatian. Sebab pada tahun 1910 komet ini muncul dengan ekor sangat panjang. Namun, pada tahun 1986, banyak orang kecewa sebab komet ini tidak muncul seindah yang diharapkan. Bahkan, dengan mata telanjang hampir tidak nampak.
Ada komet yang waktu edarnya antara 5 sampai 10 tahun. Jumlahnya mencapai sekitar 50 buah. Komet ini disebut keluarga komet Yupiter.
Perlu diketahui bahwa ekor komet terdiri dari gas-gas CO, CN2, dan gas-gas labil seperti CH2, NH2, dan OH, sebagai hasil dissosiasi CH4, NH3, dan H20.
Untuk mengetahui bagaimana bentuk komet dan lintasannya, perhatikan gambar berikut ini:

Apa itu Komet atau Bintang Berekor (Meteor)
Pada malam hari ketika langit bersih tidak berawan, kadang-kadang kita melihat pijar benda langit yang berpindah tempat. Lamanya berpindah hanya beberapa detik untuk selanjutnya padam. Benda langit yang berpijar dan berpindah tempat itulah yang nsmmanya bintang beralih atau meteor. Ada pula yang menyebut dengan kelarat
Benda-benda itu  mempunyai- ukuran sangat kecil, dengan garis tengah 0,2 sampai 0,5 mm: Oleh Karena  sangat kecil maka dapat disebut debu atau kersik kosmis
Kersik kosmis ini masuk ke atmosfer bumibagian atas dengan. kecepatan sekitar 40 km tiap detik. Pada ketinggian sekitar lOO - 160 km dari permukaan bumi ,kersik ini menekan molekul- molekul udara di depannya, sampai panas dan berpijar, sehingga kersik pasir itu terbakar di atmosfer

Kadang-kadang kita melihat meteor yang tampak seperti berekor. Ekor meteor itu sebetulnya merupakan liap• pijar yang mengandung ion-ion tertentu
Arah gerak meteor atau bintang berali tidak beraturan: Namum, kadang-kadang kita jumpai meteor yang gerakannya atau arahnya beraturan dari satu arah. Keadaan itu disebut  hujan meteor atau hujan bintang beralih. Meteor-meteor itu seolah-olah datang dari satu titik, yang disebut radian. Hujan bintang beralih disebut sesuai dengan nama rasi tempat radian berasal. Jika arah­nya dari Perseida disebut hujan perseida. Jika berasal dari bintang atau rasi Leonida disebut hujan leonida. Hujan leonida, setiap 33 tahun sekali, pada tanggal 10-14 November nampak lebih deras dari pada tahun-tahun lainnya. Menurut taksiran, banyaknya me­teor yang jatuh ke atmosfer bumi atau ke permukaan bumi, jum Iahnya berjuta-juta buah setiap hari.

Demikian Penjelasan tentang Komet atau bintang Berekor Semoga bermanfaat

0 Response to "Apa itu Komet atau Bintang Berekor (Meteor)"

Post a Comment