Degenerasi Lahan Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan - Geograph88

Degenerasi Lahan Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Degenerasi Lahan Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Sebagian lahan yang ada di permukaan bumi kini telah mengalami beberapa kerusakan yang sangat serius, baik oleh proses alam maupun aktivitas manusia itu sendiri. 

Proses alam yang juga akan akan mengakibatkan suatu kerusakan lahan antara lain dengan adanya letusan gunung api, banjir, dan kebakaran hutan itu sendiri. Kerusakan yang sangat hebat pada lahan terutama diakibatkan oleh manusia. 

Kebutuhan manusia akan lahan dan sumber daya yang ada pada lahan seperti tumbuhan dan hewan yang semakin meningkat memungkinkan eksploitasi terhadap lahan secara berlebihan. Akibatnya, lahan menjadi rusak atau mengalami degradasi lahan.


Apa yang dimaksud dengan degradasi lahan?. Degradasi lahan berarti hilangnya suatu pemanfaatan atau bisa jadi potensi manfaat dari suatu lahan. 

Degradasi lahan juga dapat diartikan sebagai terjadinya suatu peristiwa penurunan kualitas lahan,dan juga hilang atau berubahnya berbagai organisme yang ada pada lahan yang tidak dapat digantikan dengan yang lain. 

Jadi, kerusakan lahan tidak hanya menyangkut kerusakan pada tanah tetapi juga sumber daya berupa organisme yang ada di atas tanah. Kerusakan tersebut bisa terjadi karena faktor manusia maupun faktor alam.

1. Faktor manusia

Bukti dari berbagai aktivitas manusia yang dapat menyebabkan timbulnya degradasi lahan. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain adalah sebagi berikut:


a. Penebangan hutan yang dilakukan oleh para pengusaha hutan secara besar-besaran atau penebangan sedikit demi sedikit oleh para perambah hutan.

b. Kerusakan lahan disebabkan oleh kegiatan manusia yang juga sangat sering didasari oleh kepentingan ekonomi semata tanpa memperhatikan suatu kelestarian fungsi lingkungannya itu sendiri.

c. Lahan-lahan yang menjadi bekas penambangan bahan galian seringkali akan dibiarkan begitu saja jika bahan galiannya memang telah habis, sehingga lahan menjadi sangat rusak parah.
Degenerasi Lahan Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Degradasi lahan tidak terkendali di masa sekarang

2. Faktor Alam

Semua faktor penyebab tersebut memberikan dampak yang merugikan terhadap lahan. Kerugian tersebut seringkali tidak ternilai atau tidak dapat dinilai dengan uang. 

Kerugian yang diderita akibat degradasi lahan itu sendiri sudah sangat seringkali dan jauh lebih besar dibandingkan keuntungan yang diperoleh dari pada suatu pemanfaatan lahan itu sendiri. 

Dampak yang kedepannya yang akan ditimbulkan akibat degradasi lahan antara lainnya adalah sebagai berikut:


a. Terjadi perubahan suatu kondisi iklim serta akan tumbuhan berfungsi meningkatkan penguapan melalui dedaunan (transpirasi) dan juga akan menyerap panas. 

Jika tumbuhan sudah banyak ditebang, maka suhu pada udara itu sendiri akan meningkat dengan cepat dan penguapan menjadi berkurang . 

b. Spesies makhluk hidup yang ada dalam hutan akan menjadi hilang dan tidak ada lagi atau bahkan punah karena hutan karena habitatnya sudah dirusak dan mengalami kerusakan yang begitu parah. 

Dan mengakibatkan Sebagian hewan bermigrasi ke wilayah lain yang kondisi hutannya yang memang masih layak dan lebih baik atau terpaksa masuk ke permukiman penduduk

b. Banjir dan kekeringan semakin sering terjadi karena berkurangnya infiltrasi dan meningkatnya limpasan permukaan. Berkembangnya masalah kemiskinan di kalangan petani karena produktivitas lahannya terus menurun.

c. Terbukanya lahan karena kerusakan hutan memungkinkan teijadinya erosi yang sangat intensif pada lahan, sehingga tanah menjadi tidak subur.

d. Dari beberapa Hasil-hasil hutan yang dilihat dari segi ekonomi dapat memberikan keuntungan seperti kayu, buah-buahan, dan tanaman obat, menjadi hilang. 

Gambar: disini
close